oleh

KPU Bakal Faktualkan Pengurus Parpol Baru

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim mengatakan kalau pada 15 Desember 2017- 4 Januari 2018, KPU Kota Lubuklinggau akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Politik (Parpol) baru. Seperti, Perindo, PIKA, Berkarya, Garuda, Idaman dan Republik.

Menurut Lukman, Tim KPU Kota Lubuklinggau akan mendata 10 % dari jumlah ambang batas minimum keanggotaan Parpol. Dikarenakan ambang batas minimum keanggotaan Parpol di wilayah Kota Lubuklinggau 217 orang, maka yang akan didatangi KPU sebanyak 22 orang.

“Kita akan verifikasi faktual terhadap keanggotaan Parpol baru, ini berdasarkan PKPU No. 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Peserta Pemilu,”kata Lukman Hakim, Rabu (6/12).

Selain itu, dilanjutkan Lukman pihaknya juga akan melihat memperhatikan keterwakilan 30 % perempuan di keanggotaan Parpol-Parpol tersebut. Sebab, itu bagian dari syarat kepengurusan Parpol.

“Semuanya akan kita periksa secara teliti, kalau tidak memenuhi syarat akan langsung kita coret dan Parpol harus melakukan perbaikan,” jelas Lukman.

Untuk diketahui, Parpol dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu, jika memiliki 100 % kepengurusan di tingkat provinsi, 75 % di tingkat kabupaten/kota provinsi yang berangkutan, kemudian 50 % di kecamatan untuk kabupaten/kota. Verifikasi faktual akan dilakukan terhadap partai baru. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita