oleh

KPU Analisis Dapil Pileg 2014 Relevan

LINGGAU POS ONLINE, TABA JEMEKEH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, telah melakukan rapat penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan simulasi penghitungan alokasi kursi DPRD Kabupaten Musi Rawas, di City Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Divisi Tehnis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengatakan dasar hukum penetapan Dapil berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu.

“Jumlah kursi per Dapil yakni minimal 6 kursi dan maksimal 12 kursi,” kata Gagot Widjianto.

Menurut dia, khusus untuk jumlah Dapil tetap sama dengan pemilihan legislatif (pileg) 2014, yakni 4 Dapil karena itu masih sangat relevan dengan keseimbangan alokasi kursi dan kondisi geografis dan sarana penghubung.

Apalagi, jumlah penduduk Kota Lubuklinggau berkisar diangka 217.119 jiwa. Dengan jumlah penduduk seperti itu, alokasi kursi masih sama dengan yang ada saat ini, yakni 30 kursi dengan Bilangan Pembagi Penduduk (BPPd) pada angka 7.237.

“Artinya, jumlah alokasi kursi masih sama, dan memang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini, yang mana satu Dapil satu dengan 9 kursi, Dapil dua dengan tujuh kursi, Dapil tiga enam kursi dan Dapil empat 9 kursi. Jadi, memang Dapil kita memang masih sangat relevan, tidak perlu dipecah lagi,”ulasnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita