oleh

KPU Ajak Keluarga Sebarkan Informasi Pemilu

MUSI RAWAS – Tingkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas (Mura), lakukan sosialisasi berbasis keluarga. Tujuannya, agar keluarga besar KPU Kabupaten Mura, aktif menyampaikan ke masyarakat mengenai waktu pelaksanaan Pemilu 2019.

Sosialisasi tersebut dilakukan, Sabtu (15/12) siang di Hotel Burza Kelurahan Watervang Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

Selain itu, melalui pendidikan pemilih forum warga berbasis keluarga, KPU Mura dapat mengenalkan sejumlah model surat suara dalam pemilu mendatang. Karena, di Pemilu 2019, akan ada lima modes surat suara yang akan dicoblos masyarakat di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Karena, yang akan dicoblos adalah surat Suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), Pemilihan Anggota DPD, Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Komisioner KPU Kabupaten Mura, Divisi SDM dan Parmas, Dasril Isamil mengatakan dengan terselenggaranya sosialisasi ini, pihaknya berharap, keluarga besar KPU dapat menyebarluaskan informasi pemilu 2019, selain sebagai edukasi untuk diri sendiri.

“Sosialisasi ini bertujuan agar warga Kabupaten Mura, antusias mengunakan hak suaranya di Pemilu nanti,” kata Dasril.

Pada hari yang sama, KPU Kabupaten Mura juga menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi pelaporan dana kampanye peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Bimtek yang diikuti para perwakilan Partai Politik (Parpol).

Ketua KPU Kabupaten Mura, Ach Zaein mengatakan Bimtek dilakukan dalam rangka peningkatan pemahaman operator Parpol dalam hal pelaporan dana kampanye. Jadi, di masa kampanye langsung dilakukan pembekalan mekanisme pelaporan menggunakan aplikasi. Sebab, pada tanggal 2 Januari 2019 mendatang setiap Parpol harus sudah melaporkan penerimaan dana kampanyenya.

“Kegiatan yang dilaksanakan bertujuan agar seluruh parpol melaporkan hasil penerimaannya pada tanggal yang telah ditentukan sesuai dengan tahapan,” kata Ach Zaein. (aku)

Rekomendasi Berita