oleh

KPU Adakan Bimtek Untuk Anggota PPK

Sukseskan Pilkada

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Rabu (30/5) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Penghitungan (Situng). Bimtek ini diperuntukkan bagi anggota PPK dalam Kota Lubuklinggau, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan anggota PPK terhadap proses Situng. Karena, proses Situng berbeda dengan pemilihan sebelumnya, sebab di Pilkada serentak 2018 PPS tidak melakukan rapat pleno.

Divisi Hukum KPU Kota Lubuklinggau, Lukman Hakim saat membuka acara Bintek, mengungkapkan pelaksanaan Bimtek itu, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Menurut Lukman, kalau semua penyelenggara telah mengetahui tentang tata cara penghitungan suara. Maka, proses penghitungan bisa cepat selesai, tanpa adanya sedikitpun kesalahan.

“PPK harus memahami mengenai metode rekapitulasi penghitungan suara. Karena, proses penghitungan suara beda dari sebelumnya, maka para PPK harus memahami dan mengikuti materi yang disampaikan,”katanya.

Untuk diketahui, dalam Bimtek itu para PPK diberikan pemahaman dasar mengenai Situng, alur Situng cepat, kebutuhan teknis Situng cepat (laptop, scanner, driver, akses internet serta browser), Situng entri, hingga Situng Pindai. Termasuk tentang tata cara pengiriman data dari Situng Entri dan Situng Pindai ke Situng Web. (01)

Rekomendasi Berita