oleh

KPPN dan KPP Pratama Lubuk Linggau Gelar Upacara Hari Oeang RI ke-73

Tingkatkan Koordinasi dan Sinergitas Antar Pegawai

LINGGAU POS ONLINE – Bertempat di Halaman KPPN Lubuk Linggau, puluhan pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Lubuk Linggau mengikuti upacara peringatan hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-73, sekaligus Hari Sumpah Pemuda ke-91, Rabu (30/10/2019).

Dan uniknya, tahun ini upacara digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana lebih meriah dan lebih semarak. Karena beberapa pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Lubuk Linggau ada yang mengenakan pakaian adat nusantara dari berbagai daerah, seperti jawa, kalimantan, bali, lubuk linggau, maluku, jawa barat, padang dan masih banyak lagi, yang mana dilakukan untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda.

Upacara HORI ke-73 tahun 2019 yang bertemakan Maju Bersama Menghadapi Tantangan ini, kepala KPPN Lubuk Linggau Rosaldina menjadi pembina upacara, yang turut membacakan Sambutan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati.

Sebenarnya, rangkaian kegiatan kemeriahan HORI ke-73 telah mulai dilaksanakan pada Selasa (22/10) dengan aksi donor darah yang diikuti pegawai dan para satker KPPN maupun KPP Pratama Lubuk Linggau, yang mana berhasil mengumpulkan 34 kantong darah.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Senam bersama dan olahraga bersama para pegawai internal Kementerian Keuangan, pada Jumat (25/10). Serta pada Selasa (29/10) kembali memberikan santunan kepada anak-anak yatim di Panti Asuhan Al Kautsar, di Jalan Raya Rahma rt.02 No 099, Kelurahan Perumnas Rahma, Lubuklinggau Selatan I, berupa uang santunan, sembako, bahan pokok makanan sehari-hari, nasi kotak, dan beberapa keperluan panti berupa termos, magic jar besar, perlengkapan solat, tikar, ambal serta makan siang untuk anak-anak di Panti Asuhan Al Kautsar.

Saat diwawancarai Kepala KPP Pratama Lubuk Linggau, Ronny Johannes Purba mengatakan HORI tahun ini sama seperti tahun-tahun lalu, merasakan kegembiraan dan semangat yang tinggi apalagi menuju akhir tahun agar bisa menuntaskan tugas dan target.

“Hanya saja tahun ini tantangan lebih berat karena perekonomian yang kurang begitu baik, sehingga dari sisi perpajakan kami harus bekerja lebih baik lagi. Tahun ini kami juga mengenang teman-teman kami yang meninggal dalam kecelakaan pesawat Lion Air tahun lalu, dan semua kegiatan ini kita awali doa bersama”ungkapnya.

Dan karena, lanjutnya, Kemenkeu menjadi bagian dari pemersatu bangsa, dimana melalui APBN sebagai instrumen keuangan negara untuk kesejahteraan yang setinggi-tingginya bagi rakyat.

“Sehingga kami dari Kemenkeu harus memiliki semangat yang tinggi, pantang menyerah. Apalagi di pajak kami selalu berkoordinasi dengan KPPN untuk pengelolaan keuangan, terutama tugas menghimpun pajak negara, kami akan melakukannya lebih kuat lagi dan lebih semangat lagi. Dan tekad kami menjadi institusi yang bersih tetap kami pegang agar menjadi institusi yang membanggakan,”tukasnya.

Berbeda dengan kepala KPPN Lubuk Linggau Rosaldina yang menjelaskan jika di KPPN lebih kepada pengelola kas, baik penyaluran maupun penatausahaan penerimaan, jadi tantangannya lebih kepada seputar pembayaran kas, yakni memastikan ketersediaan dana, memastikan pembayaran kepada satker-satker yang harus berlangsung dengan baik penyaluran dan pembayaran APBN.

“Selain itu juga terkait saat ini ada tantangan baru, yaitu memastikan ketersediaan dana sesuai dengan perencanaan. Artinya dalam bulan november dan desember ini sudah dimulai melakukan perencanaan kas, yang jika dulu pemastiannya dilakukan di akhir tahun saja. Dan ini tantangan baru kita, karena pembayaran harus tepat sesuai dengan perencanaan yang kita buat,” jelasnya.

Rosaldina berpesan kepada rekan KPPN lebih semangat dalam menjalankan tugas, walaupun tugasnya sangat banyak dengan SDM yang terbatas.

“Seperti motto KPPN Lubuk Linggau yakni Tulus, Giat dan Semangat, sehingga harus diterapkan dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” serunya.

Rangkaian Hari Oeang Republik Indonesia ke-73 oleh pegawai Kemenkeu di Lubuk Linggau ditutup dengan kegiatan talkshow di Radio Papeja FM bersama Kepala KPPN Lubuk Linggau, Rosaldina, dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai APBN, seputar pengeluaran, penerimaan baik dari sisi pajak dan yang lainnya.

“Sesuai dengan tema HORI 2019, maju bersama menghadapi tantangan, jadi diharapkan seluruh rangkaian kegiatan HORI 2019 ini dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar pegawai, keakraban serta silaturahim terjalin dengan baik bersama, agar kinerja para pegawai pun bisa lebih baik lagi dalam menghadapi semua tantangan”harapnya. (*)

Laporan: Qori Musdalifah

Rekomendasi Berita