oleh

KPID Sumsel Ingatkan Jangan Siarkan Iklan Kampanye

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mewanti-wanti lembaga penyiaran, jangan menyiarkan iklan kampanye sebelum jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU. Sebab sanksinya bisa dicabut izin penyiaran.

Kemarin (8/5), Tim KPID Sumsel melakukan monitoring dan evaluasi terhadap lembaga penyiaran yang ada di Kota Lubuklinggau. Diantaranya ke studio Silampari Televisi (SilTV) di Grana Pena Linggau Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Kedatangan tim monitoring KPID Sumsel disambut Direktur SilTV, Solihin didampingi kru SilTV.

Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Sumsel, Ekky Syahruddin menjelaskan mereka rutin melakukan monitoring terhadap lembaga penyiaran terdiri dari stasiun televisi dan radio yang ada di wilayah Sumsel.

Monitoring yang dilakukan kali ini terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Fokus monitoring untuk melihat apakah ada lembaga penyiaran yang sudah menyiarkan iklan kampanye. Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota 2018, jadwal penyiaran iklan kampanye dilaksanakan 10-23 Juni 2018.

Jika KPID Sumsel menemukan pelanggaran dilakukan stasiun televisi maupun radio maka akan diberikan peringatan dan pembinaan.

“Kita akan memberikan peringatan. Jika sudah diingatkan juga masih melakukan pelanggaran maka sanksi yang terberat menutup lembaga penyiaran,” katanya kepada Linggau Pos, kemarin.

Menurutnya, sejauh ini belum ada temuan pelanggaran dilakukan SilTV dan juga belum ada laporan dari masyarakat.

“Sejauh ini SilTV bagus tidak ada permasalahan maupun laporan dari masyarakat,” ucapnya.

Ia berharap SilTV eksis dan menjadi tontonan yang dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dan juga anak-anak.

“Dan selalu mengutamakan menyiarkan budaya yang ada di Kota Lubuklinggau,” harapnya.

Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran, RM Ramadhan menjelaskan, KPID Sumsel melakukan monitoring dan evaluasi untuk memantau siaran Pilkada 2018. Sebab menurutnya penyiaran iklan Pilkada dilaksanakan pada 10-23 Juni 2018.

“Itupun lembaga penyiaran boleh melakukan penyiaran iklan kampanye Paslon yang dibiayai oleh KPU, tidak boleh biaya Paslon sendiri,” tegasnya.

Disamping itu jadwal penyiaran iklan kampanye harus adil dan profesional. Semua Paslon harus diberikan iklan kampanye oleh KPU. Tidak boleh hanya satu calon saja. Demikian juga waktu siaran harus sama, tidak boleh ada yang disiarkan siang dan ada yang malam.

Ditambahkannya monitoring dan evaluasi yang dilakukan KPID Sumsel sebagi bentuk sosialisasi PKPU No.1 Tahun 2017.

“Monitoring ini juga sebagai bentuk sosialisasi PKPU No.1 Tahun 2017, takutnya tidak disosialisasikan oleh KPU ke lembaga penyiaran,” tambahnya.

KPID hanya ada di ibukota Provinsi Sumsel, Palembang. Ramadhan mengaku kesulitan melakukan pengawasan lembaga penyiaran yang ada di luar Kota Palembang, karena tidak terjangkau.

“Kalau televisi dan radio yang ada di Palembang direkam 24 jam. Sementara untuk lembaga penyiaran yang ada di luar kota Palembang, tidak bisa dilakukan karena tidak dapat siarannya,” akunya.

Untuk itulah pihaknya melakukan monitoring dengan mendatangi lembaga penyiaran yang ada di Sumsel. Dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel dua kabupaten yang tidak ada lembaga penyiaran yakni Musi Rawas Utara (Muratara) dan Kabupaten Empat Lawang.

Tim Monitoring KPID Sumsel yakni Ketua KPID Sumsel Lukman Bandar Syailendra, Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Sumsel Ekky Syahruddin, Komisioner Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Sumsel Meytri Puspa Rini, Koordinator Administrasi Pengawasan Isi Siaran Iskandar, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Sumsel Imansyah, Staf Bidang Pengawasan Isi Siaran RM Ramadhan dan Staf Ahli KPID Sumsel Iwan Kesumajaya. (05)

Rekomendasi Berita