oleh

Kontingen Empat Lawang Hanya Mampu Merebut Rangking ke-16

“…Atlet yang kita kirim hanya 57 orang, tidak sampai seperempat dari jumlah atlet yang dikirim dari kabupaten kota lain seperti Muba dan lainnya. Inilah alasan kenapa kita mendapat peringkat 16 kali ini…”

* Ketua KONI Kabupaten Empat Lawang, Chandra

LINGGAU POS ONLINE- Kontingen Kabupaten Empat Lawang harus mengakui kekalahan pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Tahun 2019 di Kota Prabumulih. Karena hanya bisa berpuas diri rangking ke-16 dari 17 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal ini tentunya sangat disayangkan. Bahkan warga menyayangkan, kenapa pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Empat Lawang tidak mengakomodir seluruh atlet yang ada, salah satunya atlet dari Cabang Olahraga (Cabor) Basket yang mungkin saja berpotensi mengumpulkan medali emas.

“Justru atlet basket kita memperkuat daerah lain, ini yang kita sayangkan. Seharusnya dengan dana yang besar atlet kita bisa lebih banyak, dan tidak pakai atlet cabutan,” ungkap Tias salah seorang warga.

Sedikitnya mengirimkan atlet di Porprov 2019, diakui Ketua KONI Kabupaten Empat Lawang, Chandra menjadi salah satu penyebab kekalahan mereka. Apalagi menurut Chandra, kontingen mereka hanya mengikuti delapan Cabor, yakni Cabor sepak bola, catur, taekwondo, atletik, silat, menembak, karate dan panjat tebing dengan 57 atlet.

“Atlet yang kita kirim hanya 57 orang, tidak sampai seperempat dari jumlah atlet yang dikirim dari kabupaten kota lain seperti Muba dan lainnya. Inilah alasan kenapa kita mendapat peringkat ke 16 kali ini,” tegas Chandra.

Chandra mengaku walaupun prestasi dibidang olahraga berada urutan bawah, tapi ia merasa sebaliknya mendapat peringkat ke dua dari atas kalau dari sisi atlet. Karena ia menegaskan, atlet yang mereka kirim asli putra daerah.

“Memang kita tidak berhasil dari sisi pertandingan, namun kita merasa mendapat peringkat kedua dari atas, alasannya kita sudah mengajari putra daerah berjuang membawa nama daerah bertanding,” jelas Chandra.

Menurut Chandra, ini sesuai pesan Bupati, untuk memberdayakan putra daerah untuk menjadi atlet bertanding pada Porprov tahun ini.

Dengan 57 atlet, pihaknya berhasil mengumpulkan satu medali emas, satu medali perak dan 11 medali perunggu.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita