oleh

Konsisten Asah Potensi Siswa

LINGGAU POS ONLINE, MUARA KULAM – Kepala SMA Negeri Muara Kulam, Muhammad Ali Gunawan konsisten menggali potensi siswa. Baik di bidang akademik maupun non akademik dan agama.

Saat diwawancarai, Selasa (21/11) Ali Gunawan menjelaskan banyak persiapan yang tengah dilakukan sekolah untuk mendukung siswa-siswinya. Dalam mengasah dan mengembangkan bakat, potensi siswa untuk meningkatkan mutu sekolah.

“Saat ini, Insya Allah kami sedang mempersiapkan tim renang dari SMAN Muara Kulam untuk persiapan mengikuti event POPDA Tahun 2018 beserta kegiatan event olahraga lainnya. Serta pada 28 bulan ini kita juga siapkan anak didik kita untuk mengikuti MTQ Tingkat SMA se-Kabupaten Muratara,”ungkapnya.

Tidak hanya mengikutsertakan siswa-siswinya dalam setiap event baik akademik maupun non akademik. SMAN Muara Kulam juga memiliki beberapa program unggulan lainnya untuk peningkatan akhlak dan imtaq siswa dan peningkatan bahasa Inggris.

“Diantaranya, kami mewajibkan anak-anak untuk kursus Bahasa Inggris. Guru Bahasa Inggris diminta mengajar kursus setiap Jumat dan Sabtu. Selanjutnya siswa juga disiapkan akhlaknya, dengan kegiatan belajar agama tambahan oleh guru agama sepulang sekolah setiap Senin, Selasa dan Rabu,”ungkap kepala Muhammad Ali Gunawan yang mulai memimpin SMAN Muara Kulam sejak 26 September 2016 lalu.

Ali juga memaparkan SMAN Muara Kulam yang berada di Jalan Poros Ulu Rawas, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Muratara itu, saat ini memiliki jumlah 68 orang guru. Mereka mendidik 402 orang siswa. Kata Ali Gunawan, sekolah ini terpisah menjadi tiga, yakni Kelas Induk Muara Kulam, Kelas Napalicin dan Kelas Pulau Kidak.

“Tahun ini, SMAN Muara Kulam berhasil meraih beberapa prestasi. Diantaranya Juara Umum 2 O2SN Tingkat Kabupaten Muratara, dua orang penegak Pramuka SMAN Muara Kulam ikut dalam ajang Rainas Tahun 2017, 15 alumni SMAN Muara Kulam tahun ini masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), satu orang berhasil lulus SNMPTN Tahun 2017 dan lainnya,” paparnya.

Pada kesempatan ini Ali juga menyampaikan dukungan untuk pemerintah di Kabupaten Muratara dan berharap Program Sekolah Gratis (PSG) pemerintah provinsi akan terus berlanjut.

“Anak-anak di Ulu Rawas rata-arat miskin, jadi saya berharap program sekolah gratis Pemprov akan terus berlanjut. Karena jika sekolah mengandalkan komite, pasti akan banyak yang putus sekolah. Jadi saya harap sekolah gratis tetap berlanjut,” harapnya.

Ia menambahkan, tentunya saya bersama rekan guru akan terus berupaya dalam mendukung peningkatan imtaq, mutu akademik maupun akademik siswa serta mutu SMAN Muara Kulam. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita