oleh

Kondisi Vika Menyedihkan, Bagian Perut Bengkak

Butuh Uluran Tangan Dermawan

Selain Juliansyah (9) warga Jalan Musa Gang Masjid Kelurahan Talang Rimbo Baru, Curup Tengah didiagnosa mengidap penyakit Eritroderma, ternyata Vika Tirani (11) tinggal di Kelurahan Sidorejo Kecamatan Curup Tengah membutuhkan uluran tangan para dermawan. Apa yang dialaminya?

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Vika Tirani diketahui tinggal di rumah salah satu pengurus Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Pelangi Kelurahan Sidorejo Kecamatan Curup Tengah. Ia pun beraktivitas sehari-hari.

Diketahui, Vika, sapaannya menderita penyakit Kanker Darah. Kondisinya saat ini memprihatinkan lantaran bagian perut membengkak. Jika kondisi itu dibiarkan dikhawatirkan akan membahayakan bagi dirinya.

Vika merupakan buah hati pasangan Yanto dan Lina sempat di diagnosa menderita penyakit Liver. Saat tinggal bersama neneknya di Kota Palembang. Karena penyakit dideritanya, Vika masih duduk di kelas IV SD berhenti sekolah. Lantaran tidak boleh capek.

Kini saat tinggal bersama ayahnya di Kelurahan Talang Rimbo Curup, kondisinya kian parah. Selain perut membesar saat ini kondisi tangannya mengecil. Oleh pihak PATBM dan TKSK Kecamatan Curup Tengah, sekitar bulan November, Vika diantar ke RSUD M Yunus Bengkulu untuk diperiksa kesehatannya.

Wakil Ketua PATBM Pelangi Kelurahan Sadorejo, Sutarti menjelaskan, penyakit diderita Vika tidak bisa ditangani pengobatannya di Bengkulu. Lantaran keterbatasan peralatan.

Namun, katanya, untuk melakukan pengobatan ke luar Bengkulu, saat ini terkendala biaya.

“Kalau untuk pengobatan Vika menggunakan KIS, namun yang dibutuhkan adalah biaya di luar pengobatannya,”ungkapnya.

Sebab, katanya, Vika berasal dari keluarga kurang mampu.

“Ayahnya hanya berprofesi sebagai buruh harian lepas di kawasan Pasar Atas Kota Curup. Harapan kita ada dermawan yang ingin membatu agar Vika bisa segera diobati keluar Bengkulu,” harapnya.

Jika ada dermawan yang mau membantu pengobatan Vika, tambahnya, bisa disalurkan melalui rekening ayah Vika di BRI Unit Pasar Atas dengan nomor rekening 5624-01-018544-53-6 atas nama Yanto.

“Kita akan berkomitmen membantu penyembuhan Vika,” paparnya.

Saat ini, katanya, pihaknya fokus dalam pemenuhan gizi Vika sehingga berat badannya bisa naik. Sementara itu, Vika mengaku, sangat ingin sembuh dari penyakitnya agar bisa kembali bersekolah.

“Saya ingin sembuh om biar bisa sekolah lagi,” harapnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita