oleh

Komunitas ‘Pemuda Linggau’ Desak Laksanakan Musda KNPI

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Forum komunikasi pemuda Lubuklinggau mendesak, agar segera dilaksanakannya Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kota Lubuklinggau. Serta mendesak, agar KNPI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memperpanjang Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KNPI, Hendi Budiono sampai dilaksanakannya Musda KNPI Lubuklinggau.

Demikian disampaikan Ketua Komunitas Pemuda Linggau, Efran Ronaldi, Minggu (2/9).

Menurut Efran sapaan akrabnya, hal ini berdasarkan hasil komunikasi pihaknya dengan beberapa Organisasi Kepemudaan (OKP), Ormas serta komunitas yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau. Sebab, vakumnya KNPI seperti saat ini dapat membuat OKP terkotak-kotak, dan itu jelas merugikan untuk OKP.

Pelaksanaan diskusi yang diprakasai pemuda Linggau, bersama perwakilan dari beberapa OKP dan Ormas yang ada di Kota Lubuklinggau, agar pemuda tidak terkotak-kotak dengan vakumnya kepengurusan KNPI Kota Lubuklinggau, dilakukan di Dhabit Coffe, Kelurahan watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Sabtu (1/9).

“Apalagi sampai ada pengklaiman dari pihak-pihak tertentu, jelas itu sangat disayangkan,” kata Efran.

Kemudian, KNPI sebagai wadah dari OKP dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota, jelas tidak bisa disamakan dengan organisasi-organisasi tertentu. Karena KNPI merupakan organisasi resmi yang diakui pemerintah, dan struktur kepengurusannya ada di seluruh pelosok Indonesia.

“KNPI jangan disamakan dengan organisasi lain, apalagi sampai namanya diganti,”jelasnya.

Maka dari itu, dalam forum diskusi yang di fasilitasi oleh ‘Pemuda Linggau’ yang dilakukan di Dhabit Coffee, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, telah disepakati untuk menolak terbentuknya lembaga lokal untuk menyetarakan dan menyejajarkan dengan KNPI Kota Lubuklinggau. Serta meminta Pemkot Lubuklinggau tetap bersikap netral dan tidak mengintervensi atas tindak lanjut mengaktifkan kembali KNPI kota Lubuklinggau. Lalu, meminta instansi terkait untuk memfasilitasi seluruh OKP dan Ormas dalam membahas pengaktifan KNPI kota Lubuklinggau.

“Semoga dengan diaktifkannya kembali KNPI, Pemuda Lubuklinggau tidak terkotak-kotak,” harapnya. (Aku)

***Hendi Budiono : KNPI Memang Vakum

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KNPI Kota Lubuklinggau, Hendi Budiono mengatakan desakan dari komunitas maupun aliansi pemuda yang ada di Kota Lubuklinggau sah-sah saja. Karena, KNPI Kota Lubuklinggau saat ini memang vakum, karena masa kepengurusan dirinya sebagai Plt Ketua KNPI Kota Lubuklinggau sudah habis.

Menurut Hendi, sebenarnya Musda KNPI akan dilakukan jelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Lubuklinggau 2018. Namun, dikarenakan banyaknya fiksi-fiksi kepentingan, dan dikhawatirkan KNPI terpecah akibat kepentingan pribadi, maka Musda urung dilakukan, karena takut membuat OKP dan Ormas terpecah belah.

Kemudian, pasca pesta demokrasi tersebut banyak komponen pemuda membentuk komunitas maupun aliansi, dengan tujuan untuk mengaktifkan KNPI Kota Lubuklinggau. Itu merupakan bentuk keingginan, untuk mengaktifkan KNPI Kota Lubuklinggau, dikarenakan masa kepengurusan Plt sudah habis.

“Secara pribadi saya sudah koordinasi dengan Ketua Plt KNPI Provinsi Sumsel, dan dalam waktu dekat kita akan mendorong agar SK Plt diperpanjang untuk melaksanakan Musda,” katanya.

Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya segera audiensi dengan Pemkot Lubuklinggau, membahas anggaran untuk dilakukannya Musda, sebab anggaran Muasda belum ada dalam APBD Pemkot Lubuklinggau.

“Semoga dengan dilakukannya Musda, seluruh OKP-OKP yang ada di kota Lubuklinggau tidak lagi terkotak-kotak,” harapnya. (Aku)

Rekomendasi Berita