oleh

Kompetensi Harus Meningkat

MGMP PAI Bekali Guru Agar Makin Profesional

45 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI. Kegiatan yang terpusat di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lubuklinggau tersebut dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Laporan Qori Musdhalifah, Petanang Ulu

ACARA ini dibuka Kepala Kantor Kemenag Lubuklinggau, Drs H A Zainuri Mattan. Dihadiri Plt Kasi Pakis, Sugihono, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau oleh pengawas PAI Drs Kholid, Pemateri, Semiyati dan Dra Roaida, Ketua MGMP PAI SMP se-Kota Lubuklinggau Agus Wahyudin.

Kepada Linggau Pos, Agus Wahyudin mengatakan kegiatan MGMP ini rutin dilaksanakan sebulan sekali oleh kelompok guru mata pelajaran PAI SMP se-Kota Lubuklinggau.

Dengan kegiatan MGMP ini diharapkan semua guru PAI SMP di Kota Lubuklinggau dapat meningkatkan profesionalitasnya dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai guru.

Guru MGMP PAI SMP Kota Lubuklinggau saat ini 70 orang. Terdiri dari guru SMP Negeri dan swasta, PNS maupun non PNS.

Dalam MGMP tersebut, diisi Plt Kasi Pakis Kemenag Lubuklinggau, Sugiono yang menjelaskan mengenai kebijakan Pemerintah. Pemateri dari Kankemenag Semiyati dengan pembahasan mengenai aplikasi EMIS dan aplikasi Sempatika. Serta Pengawas PAI, Drs Kholid dan dari Kankemenag Dra Roaida yang akan menjelaskan kesiapan guru dalam mempersiapkan perencanaan pembelajaran termasuk menganalisis dan pengayaannya.

“Saya juga berharap kegiatan MGMP ini dapat lebih menjalin ukhuwah islamiyah yang baik antara sesama guru PAI, sehingga bisa saling isi, saling asah dan saling asuh. Dan akhirnya Guru PAI tidak lagi diremehkan, karena telah memiliki kompetensi yang bagus. Baik itu akademik, pedagogik maupun sosial,”harapnya.

Ia menambahkan, dan rencananya pertemuan MGMP PAI selanjutnya akan membahas mengenai analisis nilai dan soal.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Lubuklinggau, Drs H A Zainuri Mattan sangat menyambut baik kegiatan MGMP secara mandiri ini.

“Karena, melalui wadah MGMP PAI inilah, semua guru dapat meningkatkan mutunya, dan keprofesional guru PAI pun dapat meningkat. Dan saya harap kegiatan ini dapat berkelanjutan, karena sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan saat ini,” ungkapnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita