oleh

Komitmen Bangun Tanah Kelahiran

HAMBALI Lukman, pria kelahiran Kelurahan Air Kati Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, 26 Juni 1975 ini bertekad ingin berkontribusi membangun tanah kelahiran. Komitmen ini yang mengantarkannya, menjadi anggota DPRD Kota Lubuklinggau saat ini.

Dibincangi, disela-sela kesibukannya sebagai anggota legislatif, anak sulung dari tujuh bersaudara ini mengaku sejak tahu 1997 sudah menjadi simpatisan PDIP, yakni ‘mega bintang’. Karena pada saat itu, ia di barisan pendukung Megawati Soekarno Putri. 1998, ia kembali menjadi simpatisan PDIP dan turut memenangkan PDIP pada Pemilu 1999.

Namun secara kepengurusan, tahun 2005, ayah empat anak ini baru masuk dan dipercaya untuk menjadi pengurus ranting Desa Tambun, Bekasi. Karena pada saat itu, ia masih merantau di Bekasi.

“Saya menamatkan pendidikan SD dan SMP di Kota Lubuklinggau, namun sebagai anak sulung yang bertekad menolong perekonomian keluarga yang bisa dikatakan pas-pasan pada saat itu, yang membuat saya sejak SMA merantau ke Bekasi. Saat merantaulah saya bergabung ke PDIP, sampai tahun 2005 dipercaya masuk kepengurusan ranting di sana,” kata Hambali, Sabtu (31/3).

PDIP menjadi pilihannya sejak awal bergabung di pengurusan Parpol, karena menurutnya ideologi PDIP sama dengan ideologinya. Yakni memperjuangkan dan memperhatikan wong cilik. Ia merasa, PDIP juga yang merangkulnya sebagai wong cilik pada saat merantau.

Saat mendekati Pileg 2009, ia mulai terpikir untuk maju di pencalegkan. Pada saat itu diakuinya, ia ditawarkan untuk maju dan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD di Bekasi. Namun karena komitmennya ingin membangun tanah kelahiran ditolaknya tawaran itu.

“2010 saya diamanahkan menjadi Ketua PAC Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Saat itu keinginan saya untuk berkontribusi membangun Kota Lubuklinggau semakin kuat. Saya pun melakukan urun rembuk dengan istri, keluarga, sahabat dan kawan-kawan di Lubuklinggau. Dan ternyata mereka menyambut baik, serta mendukung. 2015 saya dipercaya, menjadi Sekretaris DPC PDIP Kota Lubuklinggau,” ungkap alumni Universitas Sjakhyakirti (UNISTI) Palembang, jurusan Hukum ini.

Untuk mewujudkan tekadnya tersebut, suami dari Telly Abu Bakar ini pun pulang kampung.

“Ya, tahun 2013 akhirnya saya bersama keluarga pulang ke Lubuklinggau. 2014. Saya mantap mewujudkan mimpi saya, untuk berkontribusi lebih besar membangun Kota Lubuklinggau. Saya maju saat Pileg 2014 dari Dapil III, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dan Lubuklinggau Selatan II. Alhamdulillah berkat dukungan istri, keluarga, sahabat dan kawan-kawan, saya dipercaya menjadi anggota DPRD,” ungkapnya kembali.

Dan terbukti, tiga tahun menjadi wakil rakyat banyak ide, pemikiran dan usulan yang sudah disumbangkan Sekretaris DPC PDIP ini.

“Tentunya semua yang bisa kita perjuangkan, kita upayakan. Fungsi legislatif kita jalankan dengan maksimal. Namun pastinya kita ada keterbatasan serta kekurangan, dan PR yang harus diselesaikan dengan baik. Dan insya Allah, ketika istri, keluarga, sahabat dan kawan-kawan serta parpol memberikan kesempatan saya akan melanjutkan perjuangan politik ini. Saya akan kembali maju, pada Pileg 2019 mendatang. Keinginan untuk mengabdi ke masyarakat masih tertanam, karena sejak awal saya berkomitmen untuk turut membangun tanah kelahiran. Kalau tidak, saya sudah mencalonkan diri di Bekasi,” tegasnya. (13)

Rekomendasi Berita