oleh

Komisi IV Lakukan Sidak

MUSI RAWAS – Setelah dilakukan rolling oleh komisi dewan dan memutuskan Komisi IV DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan melakukan krosscek Inspeksi Mendadak (Sidak) pada proyek tahun 2018 yang akan dilakukan Februari 2019 mendatang.

Ketua Komisi IV DPRD Mura, Alamsyah mengatakan kalau masalah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sudah dilakukan rolling komisi. Setelah selesai di-rollingnya nanti, seluruh komisi sudah mulai bekerja sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Sedangkan, untuk Ketua Komisi I Syamsul, Ketua Komisi II Azandri, Ketua Komisi III Tumiran dan Ketua Komisi IV Alamsyah dan Ketua BK Tepno dan Ketua Baleg, Drs H Mansyur Daniel. Tetapi, untuk rolling sendiri sesuai dengan Tata Tertib (Tatib) dilakukan 2,5 tahun bahkan bisa setahun sekali.

Sidak nanti dilakukan untuk mengetahui pekerjaan proyek, karena jangan sampai baru satu bulan proyek tersebut sudah rusak. Sebelum dilakukan krosscek, pihaknya meminta kepada DPU untuk menginventarisir terlebih dahulu.

“Tentunya untuk melakukan krosscek nanti, melibatkan eksternal,” kata Alamsyah.

Menurutnya, dari hasil temuan di lapangan pihaknya menyerahkan ke Jaksa Lubuklinggau. Tetapi sebelum ke ranah itu, sesuai tatanan legislatif akan memanggil pihak eksekutif, apalagi ada masa perawatan usai proyek dilaksanakan.

“Apabila itu tidak ditindaklanjuti, legislatif akan menyurati ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk pemberitahuan dilakukan jangan sampai BPK tidak mengetahuinya,” ucapnya.

Ditambahkan, jika dalam sidak nanti ditemukan ada pekerjaan yang tidak bagus dan tidak mengutamakan kualitas. Maka pihaknya minta kepada OPD, untuk blacklist perusahaan yang nakal itu. (dlt)

Rekomendasi Berita