oleh

Kolam Percontohan Untuk 14 Poktan

CURUP – Setidaknya ada 14 Kelompok Tani (Poktan) perikanan di Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019 ini diberi kesempatan mengelola program kolam percontohan. Program kolam percontohan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

“Tahun ini ada bantuan program kolam percontohan untuk 14 kelompok, besaran dananya per kelompok sekitar Rp40 juta,” kata Aryanto, Plt kabid Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong.

Dijelaskan Aryanto, fokus pengembangan kolam percontohan yang mendapat bantuan ini disarankan untuk tiga wilayah kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong. Yakni pada Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Kecamatan Bermani Ulu dan Kecamatan Curup Utara.

“Tiga kecamatan yang disarankan untuk mendapatkan program kolam percontohan ini di Kecamatan PUT, BU dan Curup Utara karena ketiga kecamatan ini merupakan sentra perikanan, nanti kelompok yang ada di tiga kecamatan ini bisa mengajukan proposalnya ke kita agar bisa direkomendasikan untuk mendapatkan bantuan program ini,” papar Aryanto.

Dibeberkan Aryanto, kelompok yang mengajukan bantuan ini, nantinya akan dilakukan survei.

“Untuk kelompok yang mendapatkan bantuan ini salah satu syaratnya harus ada legalitas formalnya, kalau persyaratan lengkap baru kita usulkan untuk direkomendasikan,” katanya

Dalam pelaksanaannya nanti, program kolam percontohan yang dikelola kelompok yakni untuk pembesaran ikan yakni untuk ikan jenis Lela dan Nila. (sam)

Rekomendasi Berita