oleh

Kodim 0409 Uji Coba Bios 44

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Jajaran Kodim 0409 Rejang Lebong melakukan uji coba Bio Organisme (Bios) 44, sebelumnya dikembangkan Korem 044 Garuda Dempo (Gapo) Sumatera Selatan (Sumsel).

Uji coba Bios 44 dilakukan di lahan persawahan seluas setengah hektare di kawasan Desa Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang, Rabu (17/1).

Uji coba Bios 44 dilangsungkan Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman diikuti tiga Kepala Dinas Pertanian yakni dari Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kabupaten Kepahiang. Termasuk pihak Bulog Subdrive Rejang Lebong.

Saat uji coba Bios 44 disaksikan sejumlah masyararakat tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat. Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman  menjelaskan, uji coba Bios 44 yang tengah dipatenkan oleh Korem 044 Gapo ini diharapkan bisa membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanian. Baik pertanian di lahan persawahan, perkebunan hingga perikanan.

“Uji coba Bios 44 ini baru pertama kali kita lakukan di Provinsi Bengkulu. Kodim 0409 Rejang Lebong dominan pertanian, kenapa tidak kita gunakan di sini. Kita ambil sampel dulu untuk uji coba, kalau berhasil nanti pemerintah bisa mengembangkannya,” kata Budi Wirman.

Dengan uji coba ini, kata Dandim, kedepan pemerintah terutama tiga kabupaten di bawah naungan Kodim 0409 Rejang Lebong ini bisa mengembangbiakan Bios 44 ini.

“Kita sifatnya hanya menunjukkan pada Pemda untuk peningkatan pertanian masyarakat, karena ini bahan non kimia dan alami organik dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Pernah juga diuji coba untuk mandi dan aman,” katanya.

Bios 44 ini, sambungnya, bisa digunakan untuk lahan dan berbagai tanaman seperti padi, pepaya jagung, kopi, sayur-mayur dan perikanan.

“Seluruhnya bisa. Bagaimana PH tidak produktif agar bisa jadi produktif, bibit Bios ini dari korem 044 Gapo bersifat paten, nanti kalau berhasil kita bikin demplot-demplot,” katanya.

Ia juga menambahkan, jika uji coba ini berhasil, nantinya di masing-masing kabupaten juga akan dilakukan sampel percobaan.

“Kalau sudah membuktikan biar nanti Dinas Pertanian masing-masing kabupaten yang berpikir, karena mereka yang mempunyai anggaran,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Rejang Lebong, Ahmad Rifa’i menjelaskan, Bios 44 yang disampaikan Kodim 0409 Rejang Lebong akan disampaikan ke semua kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong.

Ia juga mengaku, akan membuat demplot di semua kecamatan dan BPP yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Nanti akan kita sampaikan ke kecamatan dan BPP, ada 10 BPP dan nanti akan diuji cobakan di lahan darat, perkebunan, perikanan di BBI,” katanya.

Menurutnya, penggunaan pupuk kimia saat ini, dinilai sudah luar biasa dan lahan sudah jenuh.

“Untuk mengembalikan dan menstabilkan kembali lahan yang sudah jenuh ini solusinya, dan Bios 44 ini bisa memperbaiki kondisi tanah,” tambahnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita