oleh

KNPI dan Kodim 0409, Pelopori Bilik Sterilisasi di Rejang Lebong

LINGGAUPOS.CO.ID- DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Rejang Lebong (RL) bekerjasama dengan Kodim 0409 Rejang Lebong untuk mempelopori penyediaan fasilitas bilik sterilisasi kepada masyarakat umum.

Launching tersebut dilaksanakan Kamis (26/3/2020) di Makodim 0409/RL. Menurut Ketua DPD KNPI RL, Khirdes Lapendo Pasju, S.STP M.Si kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian KNPI dan juga Kodim 0409/RL terhadap masyarakat dalam pencegahan penyebaran wabah virus corona di RL.

“Terimakasih kepada kawan-kawan di KNPI yang sudah memiliki ide untuk membuat bilik strerilisasi ini serta pihak lain yang turut serta mendukungnya. Kemudian hari ini bersama dengan pak Dandim 0409/RL dan seluruh jajarannya kita melaunching penggunaanya untuk masyarakat umum dan personil kodim. Mudah-mudahan dengan alat yang simple ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkap Khirdes.viru

Sementara itu, menurut Dandim 0409/RL Letkol. Inf. Sigit Purwoko, penyediaan fasilitas bilik sterilisasi ini sangat positif dan membantu dalam pencegahan penyebaran virus corona. Karena bukan hanya penyemprotan disinfektan pada seluruh tubuh namun sebelumnya juga dilakukan pemeriksaan suhu badan lalu setelahnya harus melakukan cuci tangan pakai sabun.

“Ini bukan hanya untuk anggota TNI di wilayah Kodim 0409 saja, tapi untuk masyarakat umum sebelum beraktivitas juga bisa kesini. Kita harus bersama-sama dan tetap mematuhi aturan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona ini. Karena berbagai langkah sudah diambil pemerintah maka harapan saya seluruh masyarakat bisa mematuhinya,” imbau dandim.

Disisi lain Sekretaris DPD KNPI RL Sanca Irawan, S.Pd.I menjelaskan, dalam proses pembuatan bilik sterilisasi itu tidaklah sulit. Karena hanya membutuhkan kerangka besi atau juga bisa dibuat dari kayu dan rangka baja. Bahkan proses pembuatannya juga bisa selesai dalam satu hari saja dengan modal sekitar Rp1,2 hingga Rp1,5 juta.

“Pembuatannya tidak sulit, kerangka persegi panjang yang sudah jadi ditutup dengan plastik dilengkapi dua pintu untuk keluar masuk. Tingginya 2 meter dan lebar seluruh sisinya 130 centimeter. Kemudian penyemprotan disinfektannya menggunakan tangki semprot elektrik dengan spuyer yang sudah dimodifikasi supaya lebih ngembun. Dalam sekali cas baterai tangki elektrik ini bisa untuk 4 kali isi ulang dan bisa untuk ratusan orang,” kata Sanca.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan penyemprotan disinfektan ini bisa langsung ke Makodim 0409 RL.(*)

Sumber Rilis

Rekomendasi Berita