oleh

Kisah Veteran di Hari Pahlawan, Tidak Ada Rasa Takut Lawan Penjajah

Berjuang dan berperang melawan penjajah, para pahlawan tidak mengenal rasa takut. Keberanian itu diberikan sang pencipta untuk berjuang melawan para penjajah. Inilah makna peringatan hari Pahlawan tahun 2017 ini.

Muhammad Iqbal Bakti, Tebing Tinggi

Himin Genti, salah seorang Veteran yang hadir saat upacara peringatan hari Pahlawan di halaman kantor Bupati Empat Lawang, mengakui saat berjuang tidak sedikit mereka korbankan. Bagi jiwa maupun raga.

“Zaman dulu sangat sulit, rokok sebatang saja dibagi empat orang. Namun kami tidak ada rasa takut untuk menghadapi Belanda zaman itu,” kata Himin yang saya jumpai di halaman kantor Bupati, Jumat (10/11).

Himin menceritakan, ia sempat berperang melawan Belanda di Sukarami Kecamatan Gumay Talang Kabupaten Lahat, tidak sedikit temannya yang meninggal saat itu.

“Kami berjuang menggunakan bambu runcing dan kecepek untuk melawan Belanda,” cetusnya.

Dirinya berharap, dalam memperingati hari pahlawan ini agar RI khususnya Kabupaten Empat Lawang dapat maju dan aman.

“Semoga dalam memperingati hari pahlawan ini, negara kita semakin maju dan aman. Doakan para veteran umur panjang,” harapnya.

Sementara itu Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah dalam sambutannya meminta, kepada masyarakat agar tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang dan memerdekakan RI.

“Jangan sampai kita dan terutama para ada muda melupakan sejarah pahlawan. Kita saat ini lebih sulit, sebab kita melawan bangsa kita sendiri. Hal itu yang disampaikan Bung Karno,” kata Syahril. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita