oleh

KIP Diduga Diterima Warga Mampu

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kecamatan Muara Pinang diduga tidak tepat sasaran.

Informasi dihimpun, ada penerima KIP di Kecamatan Muara Pinang masih masuk kategori mampu, sedangkan siswa yang benar-benar tidak mampu malah tidak mendapatkan KIP.

Salah seorang warga Kecamatan Muara Pinang, enggan namanya dikorankan mengatakan bahwa dirinya bersama warga lain sangat menyayangkan dugaan penerima KIP masih masuk kategori mampu.

“Bahkan lebih parahnya lagi ada warga yang menyebutkan, anak PNS dapat KIP, ini sangat parah. Kami minta hal ini ditindaklanjuti oleh anggota DPRD dan Disdikbud Empat Lawang,” katanya.

Sedangkan menurut informasi didapat dari Disdikbud, memang kabar KIP tidak tepat sasaran sudah sering terdengar. Bahkan ada dugaan titipan dari oknum kades.

Secara terpisah, anggota Komisi III DPRD Empat Lawang Joni Rico dikonfirmasi mengaku geram, ada siswa yang kategori mampu mendapatkan KIP. Ia mempertanyakan dasar dan syarat penerima KIP.

“Bagaimana mekanisme sampai ada siswa yang kategori orang tuanya mampu, malah mendapatkan KIP. Ini harus ditindak lanjuti segera oleh Disdikbud Empat Lawang,” cetus Rico.

Rico menyebutkan Disdikbud dalam permasalahan ini, sering melakukan monitoring di beberapa kecamatan. Sebab itu ia mempertanyakan, apa hasil dari monitoring tersebut.

“Disdikbud segera tindak lanjuti, harus melakukan verifikasi data penerima KIP. Jika memang ada siswa yang kategori mampu malah mendapatkan KIP, cabut itu dan diganti dengan siswa yang benar-benar tidak mampu. Memang prosesnya panjang, tapi itu adalah tugas Disdikbud,” tegasnya.

Keluhan masyarakat ini kata Rico, akan menjadi catatan khususnya pihaknya. Ia meminta, dalam penyaluran KIP kedepannya, agar benar-benar dilakukan sesuai Juknis.

“Saya minta penerima KIP ini tidak ada istilah titipan,” imbuhnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita