oleh

KIA Salah Satu Hak Anak yang Harus Dipenuhi Pemerintah

-Muratara-404 dibaca

LINGGAUPOS.CO.ID – Menyelaraskan program pemerintah pusat, Kelurahan Karang Dapo Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Rabu (31/3/2021) melakukan sosialisasi sekaligus pemberian Kartu Indentitas Anak (KIA) secara simbolis.

Lurah Karang Dapo, Harnila Royani mengatakan, kegiatan ini untuk mensukseskan program Kabupaten Layak anak (KLA). “Kami ikut berkontribusi menyukseskan KLA, berkerjasama dengan Melalui Forum Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan melibatkan Disdukcapil Muratara,” jelasnya.

Diakuinya penyerahkan 50 KIA ini, adalah salah satu inovasi atau trobosan terbaru untuk mengetahui indentitas pada anak.

“Anak adalah aset terpenting dalam kehidupan keluarga kita, supaya tercukupi kebutuhan dari pada anak itu sendiri, mulai dari kesehatan, kebebasan anak sampai dengan tumbuh kembang pada anak, sala satunya melalui program KIA ini,” terang Lurah

Ia menambahkan, penggunaan KIA di Kecamatan Karang dapo khususnya di kelurahan sangat minim dan masih banyak masyarakat belum mengetahui apa fungsi dari KIA.

“Untuk kedepannya kami akan mendata seluruh anak yang berada di Kelurahan Karang Dapo supaya bisa dibuatkan kartu KIA, melalui RT/RW kita akan mendata ulang secara kolektif agar bisa kita bawakan ke disduk capil,” tegasnya.

Terpisah, Camat Karang Dapo, Husni Haikal menjelaskan, anak ini adalah satu kekayaan dari Tuhan, yang wajib dijaga dan dipenuhi segala kebutuhan tumbuh kembangnya, mulai dari makanan, kesehatan sampai dengan pendidikan.

“Jika dahulu KTP saja kita tidak punya, maka dengan program seperti ini, anak sudah punya hak indetitas sendiri atau tanda pengenal yang di sebut KIA. Saya diwajibkan kepada seluru perangkat mensukseskan program Kabupaten Layak Anak (KLA) untuk menuju Kota Madya,” tutup Camat.(*)

Rekomendasi Berita