oleh

Ketua KSPI Tak Tahu Kapasitasnya Diperiksa Polisi

JAKARTA – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Selasa (9/10). Dia diperiksa sebagai saksi atas kasus hoax pengeroyokan Ratna Sarumpaet. Said Iqbal yang mengenakan kemeja biru muda tiba di Polda Metro Jaya pukul 10.20 WIB didampingi beberpa anggota KSPI.

“Hari ini saya dipanggil oleh Ditreskrimum sebagai saksi untuk peristiwa tanggal 2 Oktober. Kita tidak tahu apa peristiwanya, nanti saya akan memberikan kesaksian yang saya tahu dan saya lihat. Tentang hasil-hasilnya saya konpers lagi,” kata Iqbal di Mapolda Metro Jaya.

Iqbal mengaku, dirinya belum mengetahui apa maksud panggilan terhadap dirinya. Dia hanya tahu kalau dirinya dipanggil polisi dengan kapasitas sebagai saksi atas kejadian munculnya foto wajah Ratna lebam pada 2 Oktober 2018 lalu. “Saya belum tahu. Saya belum tahu karena dalam kapasitas apa saya dipanggil sebagai saksi. Nanti mungkin setelah saya di dalam,” ucapnya.

Lebih lanjut Iqbal mengaku, jika dirinya menerima surat panggilan pada Sabtu (6/10). “Hari Sabtu saya terima panggilan sebagai saksi dan saya menyatakan akan hadir,” jelasnya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pemanggilan Said Iqbal karena aktivis Ratna Sarumpaet menyebut namanya dalam pemeriksaan. “Intinya bahwa kita akan pertanyakan, karena yang Ibu Ratna ini menyebut nama saksi (Said Iqbal). Makanya kita periksa,” ujar Argo di Polda Metro Jaya.

Untuk itu, polisi pun merasa perlu meminta keterangan Said Iqbal dalam hal ini. Sebab, polisi ingin tahu ada peristiwa apa, sehingga Ratna menyebut nama Said Iqbal saat diperiksa. “Jadi tetap keterangan dari tersangka, ada pertemuan atau apa, bertemu dengan siapa, itu akan periksa sebagai saksi, saksi terhadap tersangka Ibu Ratna. Kita tunggu saja sampai jam berapa pemeriksaannya. Kemudian hak-hak dari saksi pun kita berikan, misalnya untuk sembayang dulu, untuk makan siang. Kita berikan,” imbuhnya.

Namun jelas Argo, penyidik belum akan melakukan konfrontir antara Said dan Ratna dalam pemeriksaan hari ini. Argo mengaku belum bisa menjelaskan lebih jauh dan meminta sampai pemeriksaan rampung. “Ya tentunya namanya tersangka kan menyampaikan sesuatu, menyampaikan hal-hal yang dia anggap perlu disampaikan kepada siapa. Akan kita lakukan pemeriksaan saksi ya dari tersangka Ibu Ratna,” terangnya.

Lebih jauh Argo menyampaikan, pihaknya juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap dokter yang menanganinya Ratna Sarumpaet saat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Bedah Bina Estetika, dr Sidik.

“Terkait dengan pemeriksaan dokter Sidik, yang bersangkutan sudah hadir di Polda Meyro Jaya ya,” ungkapnya.

Kata Argo, pemeriksaan dokter itu untuk mengetahui secara pasti atas kejadian ini. Di mana sesuai fakta kepolisian kalau mantan anggota Pemenangan Prabowo-Sandiaga itu berada di RS Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat, sejak 20 hingga 24 September. “Kita akan menanyakan. Artinya bahwa apakah pada saat tersangka Ibu Ratna itu ke rumah sakit, apakah ada konsultasi atau tindakan medis, dan sebagainya. Kita lakukan seperti itu,” paparnya.(af/fin)

Rekomendasi Berita