oleh

Kesulitan Dapatkan Air untuk Aliri Sawah

Keluhan Petani di Desa A Widodo

Meski masih dekat dengan aliran irigasi, namun petani di Desa A Widodo mengeluh. Sawah mereka sering kekeringan air. Apa penyebabnya?

Laporan Suwito, A Widodo

Maraknya peternak ikan di Kabupaten Musi Rawas berdampak pada kebutuhan air bagi petani. Para petani mengaku mereka kesulitan mendapatkan air.

“Sejak beberapa tahun terakhir memang kami sedikit kesulitan terhadap pembagian air, karena air yang masuk ke sawah kami sangat terbatas sekali,” kata salah seorang petani di Kecamatan Tugumulyo, Desa A Widodo, Fahrudin kepada saya, Rabu (5/12).

Fahrudin menilai, minimnya sumber air yang masuk ke areal persawahannya, disebabkan oleh banyaknya kolam ikan yang berada di Tugumulyo.

“Saya berharap kepada pemerintah agar mengecek ulang jumlah kolam ikan yang ada di Kecamatan Tugumulyo ini, mengingat saya sebagai petani jelas keberatan kalau jumlah tersebut meningkat. Karena sedikit sekali mendapat air,” pintanya.

Sementara itu, Iwan, salah seorang pemilik kolam ikan di desa Tanah Priuk mengatakan tidak tahu kekurangan air di sawah warga.

“Saya nggak tahu, apalagi kita sama-sama membutuhkan air,” ungkap Iwan.(*)

Komentar

Rekomendasi Berita