oleh

Kesbangpol Mura Rakor dan Sosialisasi

UU No. 7 Tahun 2017

KESATUAN Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Musi Rawas (Mura) Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2018, dan sosialisasi Undang-Undang (UU) No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu di Ballroom Hotel abadi, Kelurahan Watervang Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Rabu (9/5).

Rakor diikuti 230 peserta terdiri dari Kepala Desa (Kades), camat, lurah dan pengurus Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Mura. Dengan narasumber Komisioner KPU Kabupaten Mura Divisi Hukum Muhamad Hidayat, perwakilan Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel Kurniawan Kantinoko, Ketua Panwaslu Kabupaten Mura Khirul Anwar dan perwakilan dari pihak kepolisian. Sosialisasi dibuka oleh Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti.

Ketua panitia sekaligus Kepala Kesbangpol Kabupaten Mura, David Pulung saat menyampaikan laporan mengatakan sosialisasi ini sengaja dilaksanakan untuk persiapan pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019. Khususnya, menyosialisasikan UU yang baru yakni UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Melalui sosialisasi dengan narasumber yang didatangkan, peserta diberikan materi etika politik, budaya politik dan UU mengenai Pemilu yang baru. Seminggu yang lalu sosialisasi juga kita laksanakan untuk PPK, Panwascam dan pengurus Parpol. Sosialisasi gencar kita laksanakan, mengingat KPU Sumsel targetkan partisipasi meningkat hingga 85 %. Hal ini bisa tercapai, atas kerjasama dan koordinasi,” jelasnya.

Wakil Bupati (Wabup), H Suwarti sebelum membuka kegiatan mengatakan, kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting untuk diikuti, mengingat UU yang disosialisasikan menjadi landasan hukum saat pelaksanaan Pemilu. Yang nantinya, mewujudkan penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas.

“Hal ini bisa tercapai ketika semua mendukung pelaksanaan Pemilu. Peran dan partisipasi masyarakat dengan menjadi pemilih yang cerdas harus terus disosialisasikan. Sehingga terpilihnya wakil rakyat yang juga berkualitas dan berintegritas. Kita berharap peserta yang hadir dapat mewujudkan serta menciptakan Pemilu aman dan damai tanpa tekanan apapun. Untuk itu, ikuti sosialisasi ini dengan baik,” tegasnya.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan Rakor dan sosialisasi oleh narasumber yang hadir. (13)

Rekomendasi Berita