oleh

Kesbangpo Validasi Ulang Ormas

MUSI RAWAS – Menciptakan kondisi aman dan tertib, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Musi Rawas (Mura), dalam waktu dekat akan mendata ulang Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melalui tim terpadu.

Kepala Kesbangpol, H Amra Muslimin mengatakan Tim Terpadu Pengawasan Ormas dan LSM bukan hanya dari Kesbangpol saja. Tapi, akan melibatkan beberapa unsur terkait, mulai dari Bupati Mura, Wakil Bupati Mura, Sekda Mura, Kapolres Mura, Dandim 0406, Kajari Lubuklinggau, Kasat Intelkam Polres Mura, Korwil Badan Intelijen Negara Mura, Asistent Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kasi Intel Kodim 0406, Kabag Hukum dan Camat se-Kabupaten Mura.

Tujuan Tim Terpadu Pengawasan Ormas, implementasi pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) No.17 Tahun 2013 tentang Ormas. Dan juga Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Ormas di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah (Pemda).

Tim Terpadu Pengawasan Ormas itu bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap Ormas dan akan berkoordinasi, sekaligus melakukan evaluasi.

“Validasi data ulang oleh Tim Terpadu Pengawasan Ormas itu nanti dari data 2018 lalu, dan dilakukan validasi 2019 ini,” kata Amra Muslimin.

Menurutnya, kegiatan pembinaan Ormas dan LSM upaya Pemda dalam melakukan pemberdayaan Ormas dan LSM, untuk meningkatkan kinerja serta menjaga keberlangsungan Ormas.

“Jika saat validasi data nanti ditemukan Ormas dan LSM dengan data yang kurang lengkap, maka kita lakukan pembinaan,” ucapnya.

Namun, berdasarkan data yang ada saat ini Ormas dan LSM yang terdata di Kesbangpol Mura sebanyak 63 dan 23 diantaranya, telah habis masa berlakunya. Maka dari 23 itu, diminta untuk melakukan registrasi ulang.

“Setiap Ormas dan LSM diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang. Bahkan, kita sudah mengimbau terus,” imbau Amra Muslimin. (dlt)

Rekomendasi Berita