oleh

Kesadaran Tertib Lalu Lintas Masih Rendah

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Sepekan Operasi Zebra 2017 dilaksanakan, 322 pengendara yang melintas di Kota Lubuklinggau kena tilang. Kapolres Lubuklinggau melalui Kasat Lantas Lubuklinggau, AKP Sukiman didampingi Bamin Urmintu Sat Lantas, Bripka Muhammad Syafi’i mengatakan mereka yang ditilang karena tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan tidak mengenakan helm.

“Sebenarnya ada 351 pelanggaran, 322 ditilang. 29 lainnya dapat teguran,” tutur AKP Sukiman.

Ia menjelaskan, kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas sebagaimana amanat Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) masih sangat rendah.

“Padahal kami terus melakukan peringatan, namun masyarakat masih melanggar,” ungkapnya

90 % pelanggar adalah pengendara motor. Yang didominasi pegawai swasta.

Lantas bagaimana dengan di Kabupaten Musi Rawas?

Kapolres Musi Rawas AKBP Pambudi melalui Kasat Lantas, AKP Budi Hartono Sutrisno mengatakan, sepekan Operasi Zebra 2017 ini, 189 pengendara ditilang, 57 lainnya disanksi teguran.

“Itu terhitung 1 November hingga 5 November 2017. Sedangkan untuk tanggal 6, 7 dan selanjutnya belum dilakukan perekapan,” kata Budi Hartono Sutrisno, kemarin.

AKP Budi sapaannya menjelaskan, dari 189 pengendara yang ditilang didominasi motor karena masih banyak melakukan kesalahan. Diantaranya, tidak mengenakan helm, tidak membawa surat menyurat kendaraan baik SIM dan STNK, tidak memasang spion.

“Bahkan memang tidak mempunyai surat-menyurat kendaraan,” jelas Kasat Lantas Polres Musi Rawas.

AKP Budi menambahkan, Operasi Zebra Musi 2017 akan terus dilaksanakan hingga 14 November 2017 mendatang, dengan lokasi random (acak) bukan dilakukan satu titik.

“Jadi pengendara taatilah peraturan lalu lintas. Dan untuk diketahui sebelumnya, anggota juga sempat mengamankan pengendara yang menyimpan dua Senjata Tajam (Sajam) jenis pisau dan keris. Saat ini masih dilakukan pendalaman kasus oleh Sat Reskrim Polres Mura,” kata pria berseragam coklat ini.(19/16)

Komentar

Rekomendasi Berita