oleh

Kepala OPD Janji Kinerja Lebih Akuntabel

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian, dan Kepala Bidang menandatangani perjanjian kerja di hadapan Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), H Syarif Hidayat, kemarin. Penandatanganan dilakukan di Op Room Sekretariat Daerah Kabupaten Muratara.

Itu dilakukan sebagai implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip). Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Selain Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) perjanjian kerja, surat yang ditandatangani itu juga berisi konsekuensi OPD. Di mana setiap OPD ada target dan sasaran.

“Ya kepala OPD komitmenlah dengan apa yang dikerjakan. Kalau tidak tercapai siap untuk dilengserkan atau diganti,” jelas Kepala Bidang Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Kabupaten Muratara, H Suryadi Senin (16/4).

Penandatanganan perjanjian kerja berlaku untuk seluruh OPD yang dilakukan secara berjenjang. Mulai dari Sekretaris Daerah (Sekda), kepala OPD ke Bupati Muratara.

Dilanjutkan di internal OPD masing-masing, dari Kabid, Sekretaris hingga kepala OPD.

Untuk isi perjanjian kerja, yakni komitmen dan pertanggungjawaban masing-masing bidang sesuai Rencana Kerja (Renja) serta Tufoksi masing-masing OPD.

“Perjanjian kerja ini dilakukan setiap tahun, begitu juga kalau ada pergantian kepala OPD. Akan diperbarui,” kata Suryadi.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat meminta kegiatan pembelajaran Sakip ini bentuk membangun pemerintahan yang good goverment.

Agar di tahun 2019, laporan Sakip Muratara memperoleh nilai maksimal.

“Syukur-syukur kita menjadi percontohan bagi kabupaten/ kota lainnya walaupun kita daerah otonom baru,” harapnya.

Lebih lanjut Syarif Hidayat, menambahkan  pemerintah Kabupaten Muratara sudah baik dinilai sebagai DOB yang berkembang dengan pesat, jangan sampai cacat dalam administrasi.

HM Syarif Hidayat memperingatkan Kepala OPD untuk menunjukkan kinerja dengan baik. Bagi tugas antar Kepala OPD Kepala Bidang dan juga para staf.

HM Syarif Hidayat mencontohkan kariernya selama menjadi ASN, prinsip kerja, bekerjalah dengan tulus ikhlas, di mana sebagai ASN dirinya dimulai dari golongan 2b. Namun mampu menduduki jabatan tertinggi dalam ASN yakni sebagai Sekretaris Daerah.

Lanjut HM Syarif Hidayat,  setiap amanah pekerjaan dia berjuang agar OPD yang dibawahinya berbeda yakni jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Setiap mendapatkan jabatan Kita harus berinovasi, ini bentuk ketulusan dan berpikir positif dalam bekerja, saya harapkan Kepala OPD di Muratara untuk melakukan hal tersebut,” harapnya. (rls/12)

Rekomendasi Berita