oleh

Kepala Disdukcapil Mengundurkan Diri

Disusul Kepala Bidang

CURUP – Belakangan diketahui jika Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong mengundurkan diri dari jabatannya. Hal itu dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) Kabupaten Rejang Lebong, Khirdes Lapendo dikonfirmasi Senin (4/1).

“Ada dan sekarang sedang diproses, usulan pengunduran diri Desember 2018 lalu,” kata Khirdes.

Menurut Khirdes, alasan pengunduran dirinya karena adanya urusan keluarga sehingga dikhawatirkan mengganggu proses kerjanya.

“Beliau mungkin ada urusan keluarga, sehingga tidak fokus dalam bekerja,” aku Khirdes.

Dipaparkan Khirdes, SK untuk Disdukcapil kewenangannya langsung dari SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan pihaknya hanya mengusulkan permohonan pengunduran dirinya.

“Kita hanya mengusulkan permohonan bersangkutan melalui Gubernur, terakhir sudah kita sampaikan ke Kemendagri,” katanya.

Setelah ke Kemendagri, nantinya akan disampaikan ke Direktorat Jenderal (Dirjen) untuk dilakukan paraf.

“Nanti Dirjen Paraf,” tambah Khirdes.

Selain Kepala Disdukcapil, ada juga pejabat setingkat Kepala Bidang (Kabid) pada Bapedda Kabupaten Rejang Lebong yang mengundurkan diri.

“Ada juga yang mundur Kabid yang baru dilantik kemarin, kalau tidak salah Ibu Aari Agustini di Bapedda, alasannya tidak siap menduduki jabatannya, padahal hasil job fit-nya bagus,” katanya.

Sebelum dipromosikan menjadi Kabid, tambah Khirdes, yang bersangkutan menjabat sebagai Kasi.

“Ya kita tidak bisa menahan, yang bersangkutan dikembalikan ke jabatan sebelumnya,” tambah Khirdes.

Dibagian lain, soal lelang jabatan setingkat eselon II saat ini belum bisa dilakukan. Pasalnya, terakhir informasi dari pusat meminta kepastian jabatan yang akan dilelang. Artinya, kata Khirdes, eselon II yang akan dilakukan lelang apakah ada pergeseran atau tidak.

“Kalau kemungkinan untuk bergeser ada berdasarkan uji kompetensi, jadi mungkin nanti lelang jabatan kemungkinan akan kita sampaikan setelah adanya mutasi sehingga jabatan eselon II yang akan dilelang benar-benar sudah fix,” jelasnya.

Untuk saat ini, sambung Khirdes, ada 6 jabatan setingkat eselon II yang kosong. Diantaranya jabatan Kepala BPKD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Kesbangpol dan dua Staf Ahli.

Sementara itu, terkait usulan pengunduran diri Kepala Disdukcapil Rejang Lebong akan dibarengkan dengan lelang 6 jabatan atau tidak menunggu perkembangan informasinya.

“Kalau seandainya SK Mendagri keluar sebelum lelang jabatan berarti ikut dilelang, tapi kalau rekomendasi lelang belum keluar SK akan dimasukkan ke tahap selanjutnya,” tutup Khirdes.(sam)

Rekomendasi Berita