oleh

Kenali Ciri Anak Siap Sekolah

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Tak semua orang tua paham dalam mendeteksi ciri-ciri sang buah hati yang siap sekolah. Kadang kala, orang tua memutuskan sendiri, agar putra-putrinya masuk sekolah. Sementara dari si anak, ternyata belum siap.

Psikolog Irwan Tony menjelaskan, anak bisa dianggap siap masuk sekolah ketika ia secara emosional, perilaku, serta kemampuan kognitif dianggap matang untuk menerima pelajaran dan melakukan kegiatan belajar.

“Jadi, usia bukan satu-satunya alat ukur ya,” terang dia, Sabtu (9/6).

Salah satu ciri anak siap sekolah, dia sudah paham instruksi. Karena di sekolah anak akan dibimbing dan diajarkan oleh guru. Saat diajarkan, akan lebih mudah kalau anak bisa paham dan menjalani instruksinya. Dengan begitu anak bisa mengembangkan kemampuannya dengan maksimal.

Kedua, anak sudah berani menyampaikan pendapat.

“Meskipun anak belum bisa berbicara dengan struktur yang benar, yang penting ia sudah berani menyampaikan keinginannya. Ini akan sangat membantu di sekolah agar guru tidak kesulitan jika ada sesuatu yang ingin disampaikan si kecil,” saran dia.

Dan yang tak kalah penting, anak mampu berteman dengan anak lain. Anak yang sudah mampu bermain dengan anak lain berarti sudah bisa berinteraksi dengan orang lain. Saat nanti di sekolah, ia tidak kagok saat harus bergaul dengan teman-teman sebayanya dan bisa lebih mengembangkan kemampuan sosialnya.(02)

Rekomendasi Berita