oleh

Kemudahan Dan Kepastian Rujukan Online Bukan Hanya Dinikmati Peserta, Tetapi Fasilitas Kesehatan Juga

LUBUKLINGGAU, JAMKESNEWS – Menjadi PIC Rumah Sakit Siti Aisyah Kota Lubuklinggau terhadap segala urusan terkait BPJS Kesehatan telah dilakoni oleh Agung Bangkit Sudarso sejak 2014, mulai urusan Klaim hingga sekarang menjadi PIC Aplikasi Health Facilities Information System HFISuntuk entry tenaga medis, sarpras, jumlah tempat tidur, alamat dan dokumen lainya yang berhubungan dengan Rujukan Online.

Inovasi tiada henti dari BPJS Kesehatan bukan hanya memudahkan Peserta JKN-KIS, walau kepuasan peserta merupakan tujuan utama dari BPJS Kesehatan yang selalu memberikan perhatian ektra terhadap peserta JKN-KIS. Beberapa trobosan seperti Aplikasi Mobile JKN dan sekarang Rujukan Online bukan hanya memudahkan dan memberi kepastian kepada peserta saja, karena melalui aplikasi Rujukan Online Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dapat mengetahui Rumah Sakit mana yang terdekat serta memiliki Poliklini dan sarana prasarana yang dibutukan oleh peserta JKN-KIS sehingga peserta JKN-KIS mendapatkan kepastian layanan kesehatan tanpa harus bolak balik dikarenakan tidak tersedianya Poliklinik ataupun sarana prasarana lainya dan Kemudahan serta kepastian juga dinikmati oleh Rumah Sakit.

Selain menjadi bentuk sinergy yang nyata antara Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Puskesmas, Klinik, Dokter Keluarga) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Rujukan Lanjutan Rujukan Online sangat banyak manfaatnya, sehingga kemudahan dan kepastian dalam mendapatkan pelayanan kesehatan untuk peserta JKN-KIS yang dirujuk itu dapat dipenuhi dengan baik.

“Melalui Rujukan Online ini FKTP dapat mengetahui Dokter yang tersedia di Rumah Sakit, Poliklinik mana saja yang buka atau yang tutup, karena selama ini ada beberapa peserta yang telah jauh datang membawa rujukan manual setelah tiba di rumah sakit ternyata dokternya sedang dinas luar atau lainnya, dengan adanya rujukan online ini lebih terorganisir serta manfaatnya lebih terasa karena di aplikasi HFIS terlihat Jadwal Dokternya, dan pesertanya cukup membawa kartu bisa menunjukan kartu melalui aplikasi Mobile JKN atau yang bentuk fisik” Kata Agung

Pihak Rumah Sakit sangat terbantu dengan adanya Rujukan Online karena melalui sistem ini rumah sakit dibantu untuk menginventarisir menganai segala hal terkait pelayanan kesahatan terutama pada peserta JKN-KIS, serta dapat memudahkan Rumah Sakit untuk memanajemen internal Rumah Sakit yang tentunya untuk kepuasan pasien terutama pasien yang menggunakan jaminan kesehatan kartu indonesia sehat.

“kami sendiri sangat terbantu dengan aplikasi ini karena dapat mendisiplikan SIP dokter, bisa lebih teliti lagi dalam menginventarisi berkas administrasi, karena ini merupakan pintu utama untuk melakukan proses klaim ke BPJS Kesehatan dan saya berharap ada pengembangan kedepannya seperti ditambahkanya menu dalam penggunaan ambulance jadi semua yang terkait itu dalam satu wadah”tutup Agung. (Rls)

Rekomendasi Berita