oleh

Kementan Bantu Poktan Binuriang

MURATARA – Kelompok Tani (Poktan) Binuriang Desa Noman Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menerima bantuan 25 ekor ternak kambing dari Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara.

Anggota Poktan Binuriang Desa Noman Kecamatan Rupit, Husin M Nor mengakui jika batuan ternak kambing sudah diterima oleh Poktan Binuriang.

”Kelompok kami menerima bantuan ternak kambing yang diserahkan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara,” katanya, Selasa (25/12).

Husin M Nor menceritakan, jumlah bantuan ternak kambing tersebut sebanyak 25 ekor. 22 ekor kambing betina dan 3 ekor kambing jantan.

”Jenis kambingnya adalah kambing biasa, sama seperti kambing yang ada di desa pada umumnya,” ungkapnya

Lanjut Husin menuturkan, saat ini teknis pemeliharaannya masih bersifat bersama-sama oleh anggota Poktan.

”Rencananya, kami akan membuat pagar keliling di sekitar kandang, supaya kambing tersebut bisa berkeliaran di dalam pagar itu,” tuturnya.

Disinggung mengenai bagi hasil dalam kelompok jika ternak kambing tersebut sudah berkembang biak. Husin M Nor mengatakan yang jelas, jika ternak kambing ini sampai berhasil dan berkembang biak, akan dibuat kelompok yang baru kemudian kelompok tersebut yang akan meneruskan pengembang biakannya.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Noman, Kecamatan Rupit, Taufik Haris menjelaskan bantuan tersebut dari Kementan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara.

”Sebanyak 25 ekor terdiri dari 22 ekor kambing betina dan 3 ekor kambing jantan, umurnya berkisar 9 sampai 12 bulan,” kata Kades.

Lanjut Kades, yang menyerahkan bantuan kambing tersebut dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara didampingi dari Dinas Pertanian Provinsi Sumsel.(cw3)

Rekomendasi Berita