oleh

Kemenag Sukses Gelar KSM 2019

Diikuti 174 Pelajar

LINGGAU POS ONLINE – Sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif, Kantor Kemenag Lubuklinggau kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Lubuklinggau, Sabtu (20/7).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Lubuklinggau ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Lubuklinggau H Azhari Rahardi diwakili Kasubbag TU Sugihono, da dihadiri Kasi Pakis, Kasi Bimas, Kasi Penyelenggara Syaruah dan Kasi Penmad yang juga ketua pelaksana Drs Habibullah, seluruh Kepala Madrasah tingkat MI, MTs dan MA Negeri/Swasta se-Kota Lubuklinggau beserta panitia penyelenggara, guru pendamping dan ratusan peserta KSM Tahun 2019.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Habibullah memaparkan kegiatan KSM ini dilaksanakan tiap tahunnya oleh Kemenag Lubuklinggau. Yang diikuti mulai dari jenjang MI, MTs dan MA Negeri/Swasta se-Kota Lubuklinggau.

Tahun ini peserta berjumlah 174 peserta meliputi jenjang MI diikuti sebanyak 41 peserta, MTs 48 peserta dan MA 85 peserta. Dengan rincian, MIN 1 Lubuklinggau 10 peserta, MIT Ummi 10 peserta, MI Nurul Islan 4 peserta, MI Darussalam 3 peserta, MI Ittihadul Ulum 2 peserta, MI Darul Ishlah 2 peserta, MI Al Amin 2 peserta, MI Al Haadi 2 peserta, MI Nurusshobah 2 peserta dan MI Nut Riska 4 peserta. Tingkat MTs terdiri dari MTsN 1 Lubuklinggau 15 peserta, MTs Mazroilah 12 peserta, MTs Itthadul Ulum 3 peserta, MTs Darussalam 3 peserta, MTs Darul Ishlah 3 peserta, MTs Al-Madani 9 peserta dan MTs Azhariyah 3 peserta.

Sedangkan tingkat MA diikuti MAN 1 Lubuklinggau 30 peserta, MAN 2 17 Peserta, MA Mazroillah 6 peserta, MA Ittihadul Ulun 6 peserta, MA Darul Ishlah 3 peserta, MA Al-Madani 10 peserta, MA Hubbul Aitam 3 peserta dab MA Ulin Nuha 10 peserta.

Adapun bidang yang diujikan, untuk MI Matematika dan IPA terintegrasi, MTs meliputi Matematika IPA dan IPS terintegrasi, dan untuk jenjang MA meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, ekonomi dan Geografi terintegrasi.

Habibullah juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sehingga dapat menumbuhkan kecintaan sains bagi siswa madrasah.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk memotivasi siswa madrasah agar dapat meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama. Serta untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan sehat madrasah dan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, berkreativitas dan berprestasi,”paparnya.

Dan lanjutnya, peraih juara pertama, kedua dan ketiga akan kita ikut sertakan pada KSM tingkat provinsi Sumatera Selatan yang akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2019 Dan jika berhasil di tingkat provinsi akan ikut dalam KSM Nasional yang akan dilaksanakan di Manado, pada 16-20 September 2019.

Sementara itu dalam arahannya, Sugihono mengharapkan kepada semua peserta untuk yakin dan percaya diri akan kemampuan diri masing-masing. Karena siswa -siswi yang mengikuti kompetisi ini adalah yang terbaik yang dipercayakan madrasah untuk bisa memberikan yang terbaik dalam kompetisi ini.

“Sains adalah ilmu pengetahuan yang terus mengalami perkembangan zaman dan tidak pernah mati, semakin maju zaman sains juga semakin maju. Oleh karena itu menginginkan siswa madrasah juga harus maju dalam perkembangan ilmu sains dan bisa disejajarkan dengan siswa siswi olimpiade di luar sana,”ungkapnya.

Sugihono juga berharap dalam berkompetisi siswa sisiwi madrasah harus tetap menjaga sportivitas dan kejujuran.

“Jangan toleh kanan kiri, kalian harus yakin dengan kemampuan kalian dan yakin bisa serta tunjukkan bahwa siswa madrasah seperti slogannya madrasah hebat dan bermartabat dan inilah yang harus dipegang teguh dan menjadi pedoman siswa siswi di masa yang akan datang,” harapnya.

Bagi yang juara nantinya, lanjutnya, bukan lagi membawa nama madrasah tetapi akan membawa nama daerah. Maka kepada siswa dan semua panitia ikutilah kegiatan ini sesuai dengan aturan dan Juknis. (rrf)

Rekomendasi Berita