oleh

Kemenag Kembali Gelar KSM Tahun 2018

Diikuti 129 Pelajar Madrasah

LINGGAU POS ONLINE, PETANANG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lubuklinggau, mengadakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Lubuklinggau, Sabtu (12/5).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Lubuklinggau itu, untuk mewujudkan pendidikan yang seimbang di lingkungan madrasah, serta peningkatan prestasi siswa madrasah di bidang sains.

Kegiatan dibuka Kepala Kantor Kemenag Lubuklinggau, Drs H A Zainuri Mattan. Dihadiri Kasi Pakis Muslim, Kasi Penmad yang juga Ketua Pelaksana Drs Habibullah Angkasa, seluruh kepala Madrasah tingkat MI, MTs dan MA Negeri/Swasta se-Kota Lubuklinggau beserta panitia penyelenggara, guru pendamping dan ratusan peserta KSM.

Ketua Pelaksana, Habibullah Angkasa memaparkan kegiatan KSM ini dilaksanakan tiap tahun oleh Kemenag Lubuklinggau. Yang diikuti mulai dari jenjang MI, MTs dan MA Negeri/Swasta se-Kota Lubuklinggau.

“Dengan jumlah 129 peserta, meliputi jenjang MI diikuti sebanyak 24 peserta, MTs 39 peserta dan MA 66 peserta. Sedangkan bidang yang diujikan, untuk MI Matematika dan IPA, MTs meliputi Matematika IPA dan IPS, dan untuk jenjang MA meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, ekonomi dan Geografi,”paparnya.

Habibullah menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan sebagai wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dibidang sains. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan sains bagi siswa madrasah.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk memotivasi siswa madrasah agar dapat meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama. Serta untuk menunjukkan bahwa madrasah juga aktif dalam pembinaan sains di tingkat darah hingga Nasional,” ucapnya.

Ditambahkannya, yang berhasil meraih juara pertama, kedua dan ketiga akan diikutsertakan pada KSM tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang dilaksanakan pada 25 Juli 2018. Dan jika berhasil di tingkat provinsi akan ikut dalam KSM Nasional yang akan dilaksanakan di Provinsi Bengkulu pada September 2018.

“Tahun ini pun kita akan tingkatkan bimbingan dan pelatihan bagi para juara nantinya. Agar mereka bisa menghadapi kompetisi di tingkat Provinsi dan siswa madrasah kita bisa kembali meraih juara di tingkat Nasional,” tambahnya.

Zainuri Mattan mengucapkan selamat kepada anak-anak pelajar madrasah peserta KSM yang telah mengikuti kompetisi ini.

“Saya pun berharap ajang ini dapat dilaksanakan secara sportif, jujur dan disiplin serta memiliki semangat kerukunan dan persaudaraan, sehingga bisa menghantarkan siswa yang kita banggakan ini menjadi pribadi yang tangguh, sehat dan berprestasi,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Zainuri juga mengatakan tidak memiliki target khusus. Ia hanya berharap para siswa ini dapat terus semangat dan sportif serta memberikan yang terbaik pada kompetisi ini.

“Tapi saya yakin, anak-anak madrasah Kota Lubuklinggau dapat memberikan yang terbaik dan bisa melaju hingga ke tingkat Nasional. Dan saya pun berdoa semoga mereka yang berhasil di tingkat kota akan terus berprestasi hingga kancah Nasional dan membanggakan Kota Lubuklinggau,” harapnya. (AE02)

Rekomendasi Berita