oleh

Kemenag Ajukan Penambahan Buku Nikah

Capai 3.299 Eksemplar

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Pasca ldul Fitri 1439 Hijriah, angka pernikahan di Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengalami peningkatan. Tingginya calon pasangan suami istri untuk menikah itu membuat Kementerian Agama (Kemenag) Mura mengajukan penambahan buku nikah ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan (Sumsel). Jumlahnya cukup banyak. Hingga 3.299 eksemplar.

Kepala Kemenag Kabupaten Mura, H Hermadi melalui Kasi Bimas Islam, Aliasmi mengatakan bahwa persediaan buku nikah masih dalam status aman, dan belum pernah kehabisan stok. Sebab, setiap tahun pengajuan buku nikah selalu dilakukan sesuai dengan prediksi dan kebutuhan pernikahan akan berlangsung.

“Pengajuan buku nikah selalu kita kedepankan. Sementara pengajuan buku nikah itu ditujukan ke Kanwil Kemenag Sumsel,” kata Aliasmi pada Linggau Pos, Senin (25/6).

Aliasmi meneruskan dibandingkan tahun lalu, angka pernikahan mengalami penurunan. Penyebabnya perekonomian masyarakat diduga terganggu akibat harga komoditas sawit dan karet turun.

“Dampak harga komoditas sawit dan karet menurun itu berpengaruh pada angka pernikahan. Apalagi di Kabupaten Mura mata pencarian warga itu sawit dan karet,” papar Aliasmi.

Oleh karenanya, Aliasmi menyatakan pengajuan usulan penambahan buku nikah dilakukan setiap akhir tahun.

“Saat ini Kemenag mengajukan pendistribusian buku nikah 3.299 eksemplar. Buku nikah itu nanti disebarkan di 14 kecamatan dalam wilayah Mura,” ungkap Aliasmi.

Lebih lanjut, Aliasmi mengatakan dari 14 kecamatan di Kabupaten Mura, kasus pernikahan sering terjadi berlangsung di daerah terpencil. Namun lain halnya untuk Mura, justru angka pernikahan sering terjadi daerah-daerah yang maju, dan menjadi pusat perekonomian.

“Kalau dari data yang kita miliki untuk daerah terpencil minim untuk angka pernikahan, seperti di Kecamatan BTS Ulu. Malahan angka pernikahan paling banyak itu di Kecamatan Tugumulyo, karena di sana daerahnya maju, dan perekonomian masyarakat juga,” terang Aliasmi. (04)

Rekomendasi Berita