oleh

Kemenag Adakan Seleksi Jurnalistik Siswa

LINGGAU POS ONLINE, PETANANG – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Lubuklinggau, mengadakan seleksi jurnalistik siswa dan Duta Informasi Masyarakat (Inmas) tingkat Kemenag Lubuklinggau. Hasilnya untuk mengikuti seleksi di tingkat Kanwil Kemenag Sumatera Selatan (Sumsel).

Acara tersebut berlangsung di Ruang Inmas Kemenag Lubuklinggau, Rabu (17/1). Kepada Linggau Pos, Panitia Seleksi Jurnalistik dan duta Inmas, Amrullah menjelaskan kegiatan seleksi ini diikuti 20 peserta yang berasal dari 3 madrasah di lingkungan Kantor Kemenag Lubuklinggau.

“Untuk seleksi Duta Inmas diikuti sebanyak 4 peserta yang terdiri dari dua pelajar utusan MAN 1 Lubuklinggau dan dua pelajar utusan MAN 2 Lubuklinggau. Sedangkan untuk seleksi jurnalistik siswa ini diikuti sebanyak 16 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa dari MAN 1 Lubuklinggau, 6 orang siswa dari MAN 2 Lubuklinggau dan 4 orang siswa dari MTs Negeri 1 Lubuklinggau,” jelasnya.

Amrullah juga mengatakan kegiatan seleksi ini dilakukan untuk mencari tim Jurnalis siswa dan Duta Inmas terbaik, yang nantinya akan menjadi perwakilan Kemenag Lubuklinggau untuk seleksi di tingkat Kanwil Kemenag Sumsel.

“Dari seleksi ini, kita akan peroleh satu orang duta Inmas tingkat Aliyah terbaik dan dua tim jurnalis siswa yakni satu tim dari Tsanawiyah dan satu tim dari aliyah untuk menjadi perwakilan Kemenag Lubuklinggau untuk mengikuti seleksi di tingkat Kanwil Kemenag Sumsel pada awal Februari ini,” paparnya.

Kegiatan seleksi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kemenag Lubuklinggau Drs HA Zainuri Mattan. Dalam sambutannya, Zainuri Mattan mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut dan semua dapat saling bersilaturahmi.

“Terima kasih juga atas kerjasama semua kepala sekolah, guru dan siswa yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini. Serta kepada semangatnya jurnalistik siswa siswi madrasah yang telah membantu kegiatan kehumasan Kemenag Kota Lubuklinggau,” katanya.

Suami dari Umi Kalsum ini juga menambahkan Inmas dan Jurnalistik di era sekarang harus lebih profesional, apalagi pengelola TIK tidak bisa main-main karena harus melihat perkembangan ilmu teknologi.

“Saya berharap seleksi ini dapat dilaksanakan secara terbuka, objektif dan profesional serta jangan sampai adanya pilih kasih. Apalagi kegiatan seleksi ini untuk benar-benar mencari bibit jurnalistik siswa dan duta Inmas yang terbaik untuk kemajuan Kemenag,” harapnya.

Tambahnya, selain itu jurnalistik harus banyak ilmu, pengalaman dan sebagainya yang dapat digunakan sebagai bahan-bahan pada masa yang akan datang.

Dalam evaluasi TIK dan Kehumasan tingkat Kanwil Kemenag Sumsel nantinya, akan ada lima kategori lomba yang akan diikuti Kemenag Kota Lubuklinggau. Diantaranya lomba PPID Unit Kemenag Daerah Kota dan Kabupaten, lomba kontributor berita, lomba video layanan publik, lomba jurnalistik siswa dan Duta Inmas.

Amrullah berharap semoga Kankemenag Lubuklinggau nantinya dapat kembali mengharumkan Kota Lubuklinggau pada evaluasi TIK dan Kehumasan tingkat Kanwil Kemenag Sumsel nantinya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita