oleh

Kembangkan Imajinasi dan Percaya Diri

Teknik Mendidik di PAUD Unggulan Hidayah

Dalam pengembangan bahasa pada anak usia dini, banyak metode yang dapat dilakukan guru PAUD/TK. Seperti yang dilakukan PAUD Unggulan Al-Hidayah.

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuklinggau

BERCERITA, bermain peran, demonstrasi, bercakap-cakap, tanya jawab, dan bernyanyi menjadi metode yang dipilih para pendidik PAUD Unggulan Al-Hidayah dalam mengasah perkembangan bahasa anak didik.

Dari berbagai macam metode tersebut, kegiatan bernyanyi merupakan salah satu metode yang dapat mendukung perkembangan anak, terutama pada pengembangan bahasa anak.

Karena saat bernyanyi anak dikenalkan kata demi kata lebih dahulu sehingga anak mengerti apa kata yang diucapkan anak tersebut di dalam bernyanyi.

Bernyanyi juga sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak, dengan bernyanyi anak dapat mengembangkan imajinasi dan rasa percaya diri, dan memacu anak untuk lebih kreatif dan berani tampil di depan umum.

“Melalui nyanyian yang sesuai, perbendaharaan bahasa, kreativitas serta kemampuan anak berimajinasi dapat mengembangkan daya pikir anak sehingga perkembangan inteligensinya dapat berlangsung dengan baik,” kata Kepala PAUD Unggulan Hidayah, Suroidah.

Lanjutnya, kegiatan bernyanyi ini sangat disukai dan digemari anak-anak, menyanyi selain sebagai selingan bermain atau bergembira. Menyanyi dapat memberikan nilai positif terhadap perkembangan mereka, selain dapat memberikan perasaan senang, gembira dan menenangkan juga dapat dijadikan salah satu media alternatif untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang dapat membangun kepribadian anak yang lebih baik pada masa yang akan datang.

“Beberapa manfaat lainnya adalah bernyanyi dapat melatih motorik kasar anak, karena saat melakukan kegiatan bernyanyi anak dapat juga melakukannya dengan menari, bergaya, berjoget dan lain-lain. Membentuk rasa percaya diri anak, menemukan bakat anak dalam bernyanyi untuk disalurkan dalam mengikuti lomba anak bernyanyi. Serta melatih kognitif dan perkembangan bahasa anak, karena bernyanyi tentu saja tidak bisa lepas dari kata dan kalimat yang harus diucapkan,” jelasnya. (*)

Rekomendasi Berita