oleh

Kelurahan Wajib Adakan PSN

SEKDA Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengimbau setiap kelurahan untuk rutin melakukan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN), guna memberantas wabah nyamuk DBD di Kota Lubuklinggau. Semua masyarakat diminta untuk terlibat aktif, dan ini bukan tanggung jawab saja.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih aktif lagi membersihkan lingkungan masing-masing untuk memberantas sarang nyamuk ini. Dengan gerakan 3M yakni Menutup, Menguras dan Mengubur, karena apabila lingkungan bersih seperti saluran air, tidak akan ada sarang nyamuk,” katanya.

Menurut Rahman Sani, musim penghujan di Kota Lubuklinggau cenderung terjadi, itupun hujannya tidak merata. Hal tersebut dapat mengakibatkan peningkatan genangan air di tempat sampah.

“Oleh karena itu untuk mengantisipasi peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Lubuklinggau maka Pemkot Lubuklinggau mewajibkan melakukan kegiatan PSN secara rutin seminggu sekali,” ungkapnya.

Selain itu, Puskesmas sebagai penanggung jawab kesehatan di wilayahnya bekerja sama dengan pihak terkait terus melakukan kegiatan pencegahan melalui penyuluhan, pemeriksaan jentik nyamuk, pembagian larvasida/abate, pembagian kelambu bagi keluarga yang memiliki ibu hamil dan balita. Serta kegiatan pemberantasan melalui penyelidikan epidemiologi.

Sementara bagi sekolah dan institusi yang akan libur panjang diimbau untuk menguras tempat penampungan air, supaya nyamuk tidak bertelur dan dilakukan menaburkan bubuk abate ataupun meneteskan larvasida cair ke dalam tempat penampungan air.

“Bila ada kasus demam berdarah maka laporkan ke RT dan ke Puskesmas, maka Puskesmas akan melakukan PE (Penyelidikan Epidemiologi) ke lokasi, dan RS akan melaporkan Sistem Kewaspadaan Dini Rumah Sakit (SKDRS) . Hasil PE akan menentukan apakah perlu dilakukan fogging atau tidak karena fogging hanya bertujuan membatasi penularan, mahal, dan tidak efektif sebab hanya membunuh nyamuk dewasa, ingatlah fogging merupakan bahan beracun berbahaya bagi ibu hamil, anak dan balita, bila harus di-fogging maka buka jendela, masukkan makanan ke dalam almari tutup perabotan dan setelah selesainya wajib membersihkan, mengepel, menguras bak air, membersihkan perabotan rumah dan lainnya,” jelasnya. (Rls/07)

Rekomendasi Berita