oleh

Kelumpang Jaya Seleksi Calon Kades

MURATARA – Desa Kelupang Jaya Kecamatan Nibung Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) akan melakukan ujian tertulis seleksi Calon Kepala Desa (Kades) Antar Waktu. Ujian dilaksanakan hari ini (Selasa, 8/1) di Kecamatan Nibung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PMD P3A ), Ibrahim Rusdi melalui Kabid Pemerintahan dan Otonomi Desa, Zulyan Putra menjelaskan, pelaksanaan seleksi ini, sesuai Perda No.6 Tahun 2017.

Saat ini terdapat dua desa yang Kades-nya kosong, pertama Desa Kelupang Jaya dan Desa Nibung Kecamatan Nibung. Untuk Desa Nibung sampai saat ini belum terbentuk kepanitiaannya, sedangkan Desa Kelupang Jaya sudah terbentuk kepanitiaannya.

“Kades Kelupang Jaya yang lama telah meninggal dunia, jadi akan dilakukan pemilihan Kades antar waktu, dan besok merupakan seleksi tertulis,” kata Zulyan Putra.

Zulyan menambahkan setelah dilakukan seleksi pemberkasan, enam orang pendaftar dinyatakan lulus seleksi berkas. Sementara berdasarkan Perda, peserta calon Kades antar waktu hanya akan diikuti oleh tiga calon saja.

“Besok akan dilakukan tes tertulis di Kecamatan Nibung, dengan soal sebanyak 100 soal pilihan ganda, dengan kisi kisi soal. 50 persen soal tentang Pancasila dan UUD, 30 persen soal tentang Tata Pemerintahan dan 20 persen soal tentang Kebudayaan dan Agama,” tambah Zulyan Putra.

Setelah seleksi tertulis akan langsung dilakukan pengumuman. Tiga nilai tertinggi akan menjadi calon Kades antar waktu. Berselang seminggu setelah pengumuman calon Kades antar waktu akan dilakukan pemilihan Kades oleh masyarakat desa setempat.

“Semua kisi-kisi telah diberikan tidak ada perbedaan dan kepada para bakal calon Kades, ini merupakan seleksi kemampuan bila tidak lolos seleksi nanti diharap legowo,“ pesan kabid.(cw3)

Rekomendasi Berita