oleh

Kelulusan Ditentukan Sekolah

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Kemarin hingga Kamis (12/4), 1.800 pelajar SMA Muratara, 2.900 pelajar SMA Kabupaten Musi Rawas dan 3.206 pelajar SMA dan MA dari Kota Lubuklinggau, mengikuti Ujian Nasional . Sebagian besar mengikuti UN Berbasis Komputer (UNBK).

Berdasar pantauan Linggau Pos, pelaksanaan UNBK tergolong lancar. Di SMAN 6 Lubuklinggau misalnya. Ada 164 siswa yang UNBK kemarin.

“Sejauh ini, tidak ada masalah. Tahun lalu kami UNBK numpang di SMP Negeri 2 Lubuklinggau. Tahun ini, kami sudah UNBK mandiri. Kami memanfaatkan 65 unit komputer. 25 Unitnya bantuan dari orang tua/wali. 10 Unit komputer kami beli dengan uang sekolah, ada juga lima unit komputer yang kami sewa. Dan sisanya, kami pinjam komputer guru,” jelas Kepala SMAN 6 Lubuklinggau, Agustunizar saat dibincangi Linggau Pos, kemarin.
Untuk memperlancar pelaksanaan UNBK, SMAN 6 dibantu seorang proktor, seorang teknisi dan dua pengawas silang.

Agustunizar menjelaskan, setelah UNBK ini tuntas tugas siswa siswi kelas XII.

“Tinggal yang mau ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bisa langsung daftar,” terangnya.

Mengenai kelulusan siswa, akan disampaikan 3 Mei 2018.

“Nantinya, siswa-siswi ini akan dapat tiga hasil. Pertama ijazah yang memuat nilai dari 14 mata pelajaran yang mereka kerjakan selama Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Lalu mereka terima Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang isinya nilai UNBK. Ketiga mereka menerima rapor semester VI,” jelas Agustunizar.

Ia memastikan, kelulusan siswa tidak ditentukan nilai UNBK saja.

“Kalau nilai UNBK termasuk SKHUN itu langsung dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi nilai sesuai dengan jawaban yang kami kirim ke server Puspendik. Ini kami jamin kerahasiaannya. Kami juga tidak tahu jawabannya apa. Jadi tidak ada istilah sontek menyontek,” tegas Agustunizar.

Hal sama disampaikan Ketua Musyawarah Kerja Kepala SMA Kota Lubuklinggau Zulkarnain. Ia memastikan UNBK hari pertama lancar.

“Alhamdulillah lancar. Server bagus koneksinya, listrik tidak ada masalah. Jadi PLN dan PT Telkom patut kami apresiasi juga. Semoga ini bisa berlangsung lancar sampai 12 April 2018 nanti,” kata Zulkarnain.
(02)

Rekomendasi Berita