oleh

Keluhkan Sulitnya Akses Internet, Pemkab Usulkan 160 titik Wifi Gratis

“…Belum ada internet, kalau telepon biasa bisa itu pun kadang susah sinyalnya, harus naik pohon dulu…”

* Adi, warga Desa Kuto Tanjung Kecamatan Ulu Rawas

LINGGAUPOS.CO.ID- Warga Desa Kuto Tanjung, Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), tidak bisa menggunakan internet karena di wilayah mereka tidak ada jaringan. Warga hanya bisa menggunakan telepon biasa untuk berkomunikasi jarak jauh.

Warga mengharapkan adanya jaringan untuk mengakses internet di desa mereka, agar bisa mengetahui informasi dari luar desa. Karena saat ini, mereka mengaku sering ketinggalan informasi.

“Di sini belum ada internet, kalau telepon biasa bisa itu pun kadang susah sinyalnya, harus naik pohon dulu,” kata Adi, warga Desa Kuto Tanjung, Selasa. (28/4).

Warga lainnya di Kelurahan Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas, Rojes mengaku di daerahnya hanya beberapa tempat terdapat jaringan internet. Warga bisa menikmati Wifi gratis bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Dulu belum ada sinyal internet di sini, hanya telepon biasa. Sekarang memang sudah ada Wifi gratis, tapi di tempat-tempat tertentu saja,” kata Rojes.

Di Kelurahan Muara Kulam lanjut Rojes, layanan akses internet gratis terdapat di tiga tempat, yakni di pusat kelurahan, Puskesmas dan SMP. itu juga kalau jaringannya sedang bagus. Kalau tidak, jaringannya juga kadang lamban.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Muratara, Alha Warizmi menyatakan ada 45 titik bantuan Wifi gratis dari pemerintah pusat tahun 2019. Tujuannya agar warga di pelosok bisa mengakses internet.

“2019 kita mendapat 45 titik, bukan 45 desa kelurahan, karena satu desa atau kelurahan itu ada beberapa titik,” kata Alha.

Tahun 2020 pihaknya kembali mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui Kemenkominfo sebanyak 160 titik.(*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul”Keluhkan Sulitnya Akses Internet”