oleh

Keluhan Peserta Langsung Hubungi Care Center

Tanggapan BPJS Kesehatan

SEMENTARA itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau, H Ichwansyah Gani melalui Kanit Layanan, dr Syska Mayasari menjelaskan, fenomena antrean pasien BPJS memang kerap terjadi.

“Ya, fenomena antre ini terjadi hampir di seluruh rumah  sakit yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Karena tingginya minat peserta BPJS Kesehatan untuk berobat ke RS.  Tinggal kita pantau bagaimana sistem antrean yang ada di masing-masing RS tersebut. Ketika peserta memutuskan untuk berobat umum pasti dilayani. Karena mereka pasti membayar dan pasien umum tidak begitu banyak sejak adanya BPJS kesehatan. Makanya yang pasien umum di beberapa rumah sakit diutamakan,” jelasnya.

Untuk membuat surat teguran bagi rumah sakit maupun fasilitas kesehatan tingkat I, dr Syska menjelaskan, BPJS Kesehatan harus memiliki bukti.

“Minimal adanya keluhan dari peserta ke BPJS Kesehatan datang langsung atau mengisi form keluhan.  Itu pun akan kami konfirmasi dulu ke pihak rumah sakit. Jika memang kesalahan dari rumah sakit, pasti kami akan melakukan teguran ke rumah sakit seperti yang kami lakukan ke salah satu rumah sakit di Kota Lubuklinggau, karena ada iuran biaya,” jelasnya

Dr Syska juga menjelaskan, bahwa peserta BPJS Kesehatan juga diminta mematuhi alur prosedur berobat.

“Kalau enggak emergency ya jangan langsung ke rumah sakit. Harus ada rujukan dulu dari puskesmas atau dokter keluarga. Sementara yang emergency, boleh langsung ke rumah sakit,” jelasnya lagi.
Jadi, ia menjelaskan, peserta diwajibkan mendapatkan pelayanan di FKTP terlebih dahulu, diperiksa oleh dokter. Jika FKTP tidak dapat mengobati penyakit tersebut dengan keterbatasan kompetensi yang ada, maka peserta akan dirujuk untuk mendapatkan pelayanan yang lebih komprehensif ke rumah sakit dan diobati oleh dokter spesialis bukan dokter umum.

Sementara itu, Bagian Pengaduan BPJS Kesehatan, Varagita menambahkan, bagi peserta BPJS Kesehatan yang menemui ketidaknyamanan layanan FKTP maupun faskes lanjutan, bisa langsung  menghubungi care center BPJS Kesehatan 1500400.

“Atau bisa ke kantor cabang  BPJS Kesehatan Lubuklinggau. Jalan Pembangunan, Kelurahan Air Kuti. Tepat di depan RS Siti Aisyah,” jelasnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita