oleh

Keliling Kampung Bawa Beduk Bangunkan Warga untuk Sahur

LINGGAUPOS.CO.ID – Sekelompok pemuda membangunkan warga di waktu sahur saat Ramadan, adalah tradisi di Desa Nawangsasi Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas.

Berbekal bedug ataupun bas drum (alat drumband) yang dinaikkan ke sepeda motor roda tiga, para pemuda berteriak-teriak keliling kampung untuk membangunkan warga.

Salah satu pemuda Nawangsasi, Irfani mengatakan bahwa kondisi pandemi Covid-19 tak membuat kegiatan ini dihilangkan karena sudah sejak lama. “Tidak ada nama khusus untuk kegiatan ini dan sudah setiap tahun dilaksanakan,” ujarnya, Minggu (18/04/2021).

Suara tersebut, diakuinya membuat anak-anak kecil bersemangat untuk bangun, terutama anak-anak yang sulit dibagunkan.

“Kami membangunkan sahur, agar anak-anak yang sulit dibagunin, kalau ada suara kami keliling langsung pada lari keluar untuk melihat,” ujar Irfani.

Diakuinya, kendati pandemi Covid-19, mereka tetap membangunkan sahur. “Biasanya hanya anggota Irmas Masjid Raudhatul Jannah yang mau saja dan biasanya ada beberapa dari pemuda dan anak-anak yang ikut bergabung,” tambahnya.

Lanjut Irfani, mereka melakukan tugasnua sebelum waktu sahur sekitar jam 03.00-04.00 WIB. Mereka memutari kampung diiringi dengan bedug dan drumband. “Apabila masih ada waktu biasanya masuk jalan-jalan kecil di dalam kampung,” jelasnya.(*)

Rekomendasi Berita