oleh

Kekurangan Armada dan Salah Jadwal Sebabkan Sampah Menumpuk di Musi Rawas

LINGGAUPOS.CO.ID – Kekurangan armada membuat sampah, masih menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Demikian disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Musi Rawas, Teddy Lazuardi melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Tuti.

“Kesimpulannya, permasalahan sampah selalu diupload di medsos, karena masyarakat membuang sampah diatas pukul 09.00 WIB, sedangkan armada mengangkut sampah pukul 09.00 WIB,” kata Tuti, usai mengikuti Rapat Bersama Asisten II Setda Musi Rawas H. Aidil Rusman tentang pengelolaan sampah di Muara Beliti, Rabu (4/3/2021).

Kedepannya, sambung Tuti, pihaknya melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk tentang jadwal pengangkutan sampah.

“Untuk jangka pendek, kami akan memasang spanduk, sedangkan jangka panjangnya, kami akan memindahkan TPS dan membuat TPS mobile atau kontainer,” paparnya.

Lebih lanjut Tuti menyampaikan,  pihaknya akan bekerja sama dengan Forum CSR untuk mengatasi pemasalahan sampah, agar semua sampah dapat terangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Untuk sekarang ini ada lima unit armada pengangkut sampah untuk 30 TPS yang tersebar di enam kecamatan, yakni Kecamatan STL Terawas sebanyak tiga TPS, Puwodadi, Megang Sakti, Tugumulyo, Muara Beliti dan Tiang Pumpung Kepungut (TPK),” ujarnya.

Dikatakannya, melihat dari jumlah armada maka tidak maksimal, apalagi jika jarak tempuh jauh, maka dalam sehari armada hanya sekali angkut.(*)

Rekomendasi Berita