oleh

Kejari Awasi Dana Kelurahan

LUBUKLINGGAU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau akan melakukan sosialisasi mengenai petunjuk teknis penggunaan dana kelurahan. Hal ini dilakukan agar, pembangunan yang dialokasikan dalam dana kelurahan bisa terealisasi sesuai yang sudah direncanakan.

Demikian disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lubuklinggau, Hj Zairida, Sabtu (4/1).

Menurut Zairida, pihaknya juga akan melakukan evaluasi mengenai pelaksanaan dan realisasi dari dana kelurahan tersebut.

“Nanti, bagi kelurahan yang berprestasi akan diberi reward, atas capaian yang sudah diperoleh,” jelas Zairida.

Namun, untuk yang hasil realisasinya kurang maksimal akan diarahkan untuk lebih baik lagi. Selanjutnya, untuk yang melakukan pelanggaran, akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

“Prinsipnya kita mengutamakan pencegahan, tapi kalau masih ada juga pelanggaran, terpaksa ditindak sesuai aturan yang berlaku,” terangnya.

Maka dari itu, orang nomor satu di koprs adiyaksa Kota Lubuklinggau ini mengimbau kepada seluruh pemerintah kelurahan untuk melakukan program sesuai dengan yang diprogramkan sebelumnya.

**** Awal 2019 Dana Kelurahan Dikucurkan

Dana Kelurahan akan dikucurkan ke masing-masing daerah diperkirakan awal 2019 mendatang. Saat ini Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) tengah mengikuti sosialisasi mekanisme pencairan, dan peruntukan Dana Kelurahan.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengatakan program Dana Kelurahan ini tidak begitu jauh dengan Dana Desa. Namun nominalnya jauh lebih kecil daripada Dana Desa.

“Kalau Dana Desa Rp1 miliar per tahun, kalau program Dana Kelurahan lebih kurang hanya Rp370 juta per tahun,” ungkap Rahman Sani.

Ditambahkan Rahman Sani, Dana Kelurahan untuk mendukung pembangunan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut. Namun, alasan mendasar membuat program Dana Kelurahan adalah karena banyak keluhan dari masyarakat terkait operasional untuk tingkat kelurahan.

“Dengan adanya program ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja, selain itu nanti juga disusun poin-poin program yang diperuntukkan dalam penggunaan Dana Kelurahan, diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harap Rahman Sani. (aku/nia)

Rekomendasi Berita