oleh

Kegiatan Disdagrin Sumsel Sepi Peserta

 LINGGAU POS ONLINE – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan penyuluhan edukasi terkait perlindungan konsumen, edukasi dan pengawasan di Lippo Plaza Lubuklinggau.

Mirisnya, kegiatan yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Perdagangan RI ini minim peserta.

Kegiatan ini diadakan, Rabu (24/7) di Lippo Plaza Lubuklinggau, panitia menargetkan peserta 100 orang, terdiri dari pelaku usaha, konsumen, dan pelajar. Namun yang hadir hanya 30 orang peserta.

Narasumber kegiatan ini ada empat orang yaitu dari Kepala Disdagrin Provinsi Sumsel, H Yustianus diwakilkan Ketua Panitia, Endang Maryati. Selanjutnya, Kepala Disdagrin Kota Lubuklinggau H Surya Darma, perwakilan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Lubuklinggau H Nurusuli Nawawi, perwakilan Loka POM Lubuklinggau.

“Kalau peserta kami undang 100 orang, tapi tidak tahu yang hadir berapa?,” ungkap Endang Maryati, Ketua Panitia.

Menurut Endang Maryati, yang menentukan kabupaten/kota menjadi tuan rumah sosialisasi langsung dari Kementerian Perdagangan RI. Kegiatan ini menjalankan Undang-Undang (UU) No.08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dan UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda).

Sementara itu Kepala Disdagrin Kota Lubuklinggau, H Surya Darma mengaku peserta ini merupakan orang pilihan sesuai dengan visi dan misi untuk mengoptimalkan sektor industri jasa dan perdagangan. Apalagi di Kota Lubuklinggau mayoritas bergerak dibidang swasta.

Kota Lubuklinggau merupakan kota industri, dengan cirinya semakin berkurangnya petani di Kota Lubuklinggau.

“Lubuklinggau lebih menonjol bidang industri dan perdagangan,” ungkap Surya Darma. (nia)

Rekomendasi Berita