oleh

Keberagaman yang Perkuat Persatuan Indonesia

SD Xaverius Peringati Hari Pahlawan

Kemarin (10/11), keluarga besar SD Xaverius Lubuklinggau menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, upacara yang diikuti seluruh murid, guru dan staf SD Xaverius tersebut berlangsung hikmat dan tertib, Jumat (10/11).

LAPORAN Qori Musdalifah, Sidorejo

Kepala SD Xaverius, Yohanes sarjo mengungkapkan jika dirinya sengaja dalam pelaksanaan ini semua guru dan murid tidak memakai seragam, karena menurutnya ini semua untuk menunjukkan kepada murid beginilah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memiliki berbagai keragaman tetapi tetap satu kesatuan.

“Iya, kita sengaja hari ini tidak seragam. Ini semua untuk menunjukkan dan mengajarkan kepada murid bahwa Negara Indonesia yang kemerdekaannya diperjuangkan keras oleh pahlawan tersebut memiliki berbagai keragaman, mulai dari suku, agama, adat, budaya, bahasa dan lainnya. Sama halnya seperti pelaksanaan upacara hari ini, awal pun dengan seragam yang berbeda-beda, kita semua tetaplah satu kesatuan keluarga besar SD Xaverius,” jelasnya.

Lanjutnya, dan keberagaman yang dimiliki Indonesia inilah yang memperkokoh persatuan dan kesatuan dan dalam membangun negeri. Inilah yang selalu kami tanamkan dan tunjukkan kepada murid tentang kebhinekaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Karena kita semua memang berasal dari keberagaman.

“Dan saya berharap pada peringatan hari pahlawan ini, sesuai dengan temanya memperkokoh persatuan dalam membangun negeri ini. Kita semua tidak memperdebatkan lagi perbedaan yang kita miliki, karena apabila kita perdebatkan maka persatuan kita tidak akan kokoh,” ungkapnya.

Dan, lanjutnya, sesuai dengan semboyan kita Bhinneka Tunggal Ika, para pahlawan dapat menang dalam penjajahan karena mereka bersatu. Maka dari itu ketika keragaman bersatu baru kita bisa membangun negeri dengan baik.

“Serta saya juga berpesan kepada murid saya agar dapat mencontoh dan mewarisi semangat patriotisme para pejuang terdahulu. Jangan mudah menyerah, belajar dengan giat serta selalu kobarkan semangat juang meraih prestasi agar bisa membanggakan Bangsa dan Negara dan tentunya selalu cinta Tanah Air Indonesia,” harapnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita