oleh

Kebanggaan Siswa MAN 2 Jadi Patroli Keamanan Sekolah

LUBUKLINGGAU – Jika kita mendengar kata patroli, tentunya kita teringat tugas-tugas pengawasan daerah sesuai dengan perincian tugas yang dibebankannya. Misal Patroli Jalan Raya (PJR) adalah patroli Polisi Lalu Lintas yang tugasnya mengadakan pengawasan keamanan, ketertiban, kelancaran lalu lintas sepanjang jalan tersebut.

Begitu pula dengan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tidak jauh beda tugasnya dengan PJR tetapi yang membedakannya adalah ruang lingkup tugasnya. PJR bertugas di sepanjang jalan raya sedangkan PKS yang beranggotakan pelajar ini bertugas di lingkungan sekolah serta jalan menuju ke sekolah.

Salah satu sekolah di Kota Lubuklinggau yang memiliki ekstrakulikuler PKS adalah MAN 2 Lubuklinggau. Pasukan PKS MAN 2 yang baru berusia satu tahun pada Akhir November lalu saat ini memiliki 30 anggota. Hal ini dikatakan langsung Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin melalui Waka Kesiswaan, Joharudin.

Joharudin mengaku diadakannya ekstrakulikuler PKS ini adalah untuk membantu tugas patroli dalam pengaturan Lalu Lintas di jalan raya/umum di sekitar lingkungan madrasah terutama di jalan raya,mengingat lokasi MAN 2 berada di dekat Jalan Raya utama. PKS MAN 2 juga membantu penyeberangan jalan para pejalan kaki, khususnya para pelajar MAN 2, mengatur keluar masuk kendaraan bermotor pada waktu akan masuk  dan pulang sekolah.

“30 Anggota putra dan putri PKS MAN 2 sudah memiliki jadwal tiap harinya untuk mengatur pengamanan lalu lintas di jalan raya. Mereka yang bertugas pada waktu masuk sekolah diharuskan datang lebih awal dari pelajar lainnya. Dan yang kebagian shif waktu pulang sekolah akan keluar terlebih dahulu dari teman-temannya. Tidak hanya itu, mereka juga bertugas berpatroli setiap Jumat dan Senin untuk keliling lingkungan sekolah untuk menertibkan pelajar-pelajar yang melanggar aturan sekolah, seperti nongkrong di kantin pada saat akan upacara dan senam, memantau siswa yang tidak disiplin dan lainnya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Joharudin, para petugas PKS MAN 2 juga ikut serta secara aktif membantu tugas polisi dan juga pihak sekolah dalam menyelenggarakan, menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan intern sekolah, sehingga terwujud ketenteraman yang dinamis antar siswa-siswi dan guru pengajar guna mendukung proses belajar mengajar.

“PKS MAN 2 juga sangat didukung pihak Polres Lubuklinggau, dengan memberikan bantuan seragam baju, rompi, topi, ikat pinggang, dan tropikan. Mereka juga beberapa waktu lalu sempat mengikuti pelatihan dan pembinaan Patroli Keamanan di Polres Lubuklinggau. Dan setiap satu bulan sekali mereka juga mendapatkan binaan dari pihak Polantas Polres Lubuklinggau oleh Aiptu Jhoni Mulyadi dan kawan-kawan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Joharudin berharap PKS MAN 2 yang masih dibawah binaan Pembina Ekstrakulikuler Paskibraka Rie Pitande dengan sebagai ketua Jecky Fernando ini agar dapat terus aktif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai keamanan sekolah.

“Memang kebanyakan anggota PKS adalah anggota Paskibraka kita yang rata-rata bercita-cita jadi Polisi Republik Indonesia. Jadi, menjadi kebanggaan mereka sendiri para siswa kita dalam menjalakan tugas sebagai keamanan sekolah ini. Semoga dengan ekstrakulikuler PKS ini dapat meningkatkan disiplin, rasa tanggung jawab diri para pelajar dan pengalaman PKS ini bisa membawa siswa kita meraih cita-citanya sebagai polisi di masa yang akan datang,” harapnya. (rrf)

Rekomendasi Berita