oleh

Kaum Ibu Diminta Manfaatkan Potensi Pangan

Penjabat Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi membuka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat Kota Lubuklinggau dan Demo Masak Pengolahan Pangan tahun 2018.

Kegiatan kerja sama antara Dinas Ketahanan Pangan Kota Lubuklinggau dengan TP PKK Kota Lubuklinggau, berlangsung di Hotel Burza, Kelurahan Wartervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Selasa (8/5).

Riki Junaidi menyampaikan, bahwa lomba Cipta Menu B2SA ini bentuk pemberdayaan masyarakat yang pada prinsipnya melatih sekaligus meningkatkan kemampuan partisipatif masyarakat. Terkhusus ibu-ibu yang menyediakan makanan berkualitas, bergizi, seimbang dan aman dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di lingkungan sekitar.

“Lomba Cipta Menu B2SA untuk hidup sehat, aktif dan produktif. Ini momentum penting dalam mengembalikan dan menanamkan budaya konsumsi, sebagaimana yang dilakukan oleh para leluhur kita yang mengandalkan pangan lokal seperti jagung dan ubi-ubian,” kata Riki Junaidi.

Riki menambahkan, lomba Cipta Menu B2SA dan Demo Masak Pengolahan Pangan tahun 2018 untuk meningkatkan kualitas gizi keluarga dan menambah pendapatan keluarga.

“Kiranya kegiatan ini bukan hanya ketahanan pangan semata, namun bagaimana kita mampu mewujudkan kemandirian pangan dengan mengangkat potensi pangan lokal yang kita miliki, sekaligus mampu meningkatkan perekonomian daerah yang lebih maju,” tambahnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Lubuklinggau, Dedi Yansyah menyampaikan dalam sambutannya bekerja harus sistematis. Salah satu tugas Dinas Ketahanan Pangan menyiapkan bagaimana masyarakat bisa mengakses pangan dengan tersedia, aman, dan berkualitas.

Untuk itu, banyak upaya yang harus dilakukan yaitu mengawasi ketersediaan, mengawasi distribusi, dan mengawasi konsumsi.

“Hari ini (kemarin) kita mengawasi konsumsi, kegiatan ini kita mengawasi kualitas pangan dan mengupayakan bagaimana masyarakat dapat mengonsumsi pangan tidak semata-mata hanya mengonsumsi beras dan terigu, bisa diganti dengan bahan pokok lain misalnya umbi–umbian,” jelas Dedi Yansyah.

Tim penilai lomba Cipta Menu B2SA dan Demo Masak Pengolahan Pangan tahun 2018 yakni Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Lubuklinggau Hj Leni Marlina, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel Ir Nurhayati, Partisi Kuliner Sumsel Ir Vanid, dan Chef Hotel Burza Angga.

Pemenang lomba Cipta Menu B2SA juara I diraih Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Juara II Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Juara III Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Lomba Tumpeng, juara I Kecamatan Lubuklinggau Barat I, juara II Kecamatan Lubuklinggau Barat II, dan juara III kecamatan Lubuklinggau Selatan II. (CW01)

Rekomendasi Berita