oleh

Kasus Tiga C Masih Menonjol

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Sepanjang tahun 2017 banyak kasus dilaporkan ke Polres Rejang Lebong. Dari jumlah kasus diterima paling menonjol kasus tiga C. Yakni Pencurian dengan Pemberatan (Curat),  Pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), dan  pencurian dengan kekerasan (Curas).

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi melalui Kasat Reskrim, AKP Chusnul Qomar menjelaskan, perkara dilaporkan sepanjang tahun 2017 sebanyak 693 kasus.

“Sebanyak jumlah kasus yang kita terima sepanjang 2017 untuk kasus Curat saja sebanyak 149 kasus, kemudian Curanmor 130 kasus dan Curas 60 kasus, lainnya merupakan kasus kriminal penganiayaan dan lainnya,” jelas Chusnul Qomar, Selasa (2/1).

Kasat Reskrim memaparkan, dari jumlah kasus yang diterima tahun 2017 mengalami peningkatan sebanyak 4 kasus dari tahun sebelumnya.

“Untuk tahun 2016 kemarin kasus yang diterima sebanyak 689 kasus atau perkara yang dilaporkan dan yang sudah terselesaikan sebanyak 339 kasus atau 49,20 %,” paparnya.

Sementara itu untuk perkara tahun 2017 ini dari 693 kasus berhasil terungkap sebanyak 68,68 % atau sebanyak 476 kasus.

Ia berharap, peran masyarakat di sekitar lingkungan sangat penting mengantisipasi terjadi aksi-aksi kriminalitas di Kabupaten Rejang Lebong. Salah satunya dengan mengaktifkan Siskamling.

“Dengan siskamling, masyarakat sama-sama mengawasi dan mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas terjadi di lingkungan masing-masing, serta memberikan informasi pada petugas jika mendengar adanya aksi kriminalitas agar bisa segera ditindaklanjuti,” katanya.

Terpenting, sambungnya, mengantisipasi aksi pencurian yang sering terjadi, salah satu contoh kendaraan agar menambah kunci pengaman saat diparkirkan di tempat umum. Sebab, masih ditemukan aksi pencurian terjadi karena pengamanan kendaraan minim. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita