oleh

Kasus Malaria Meningkat

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Kasus malaria terjadi di Kabupaten Rejang Lebong hingga November 2017 ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 jumlah kasus malaria ditemukan sebanyak 105 kasus. Sementara hingga akhir November 2017 ini kasus malaria sudah ditemukan sebanyak 139 kasus.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Rejang Lebong, Syamsir, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Harmansyah menjelaskan, pada Oktober 2017 kasus malaria ditemukan sebanyak 126 kasus. Dan pada November ini kasus malaria bertambah 13 kasus sehingga saat ini kasus malaria menjadi 139 kasus.

“Jumlah kasus malaria ini memang meningkat dibandingkan tahun 2016 lalu,” kata Harmansyah.

Dijelaskan Harmansyah, dari temuan kasus malaria di Kabupaten Rejang Lebong mayoritas ditemukan di kecamatan. Seperti di Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Kecamatan Kota Padang dan Kecamatan Binduriang.

“Untuk di Kecamatan PUT banyak kasus malaria ditemukan di kawasan Bukit Merbau dan Bukit Batu,” paparnya.

Dijelaskan, penyebab berkembang biaknya nyamuk Anopheles yang merupakan nyamuk penyebar malaria karena adanya genangan air sebagai tempat berkembangnya jentik nyamuk. Upaya untuk menekan kasus malaria ini, tambahnya, bisa dengan membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal seperti melancarkan saluran air agar tidak tergenang dan menjadi sarang nyamuk.

Kemudian, katanya, dengan menebarkan bibit ikan pemakan jentik, serta menebarkan racun jentik nyamuk.

“Upaya lainnya bisa dengan tidur menggunakan kelambu,” katanya.

Ia berharap dengan kebiasaan menjaga lingkungan agar tetap bersih pada masing-masing lingkungan masyarakat merupakan upaya untuk mencegah terkena malaria. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita