oleh

Kasek Diingatkan Lebih Selektif

Masukkan Nama Penerima KIP

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Empat Lawang mengingatkan Kepala Sekolah (Kasek) dan operator sekolah. Agar lebih selektif memasukan nama penerima KIP di kolom Dapodik.

Hal itu setelah adanya dugaan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) masih kategori mampu, yang mana saat ini menjadi keluhan masyarakat.

“Nanti seluruh kepala sekolah akan kembali kita ingatkan dan juga diminta memverifikasi data penerima KIP,” ujar Plt Kepala Disdikbud Gatmir melalui Kabid Pembina SD, Rumiyadi didampingi Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, Elvi, Selasa (21/11).

Menurut Elvi, adanya dugaan penerima KIP yang dinilai masih mampu tersebut, kemungkinan menggunakan data yang lama dan tidak kembali diverifikasi. Tentunya perekonomian semakin lama meningkat, bisa jadi pertama didata warga tersebut kategori tidak mampu lalu setelah beberapa tahun perekonomiannya sudah membaik.

“Jadi kepada operator sekolah kami minta menghapus nama penerima di kolam Program Indonesia Pintar (PIP) di Dapodik yang dinilai sudah mampu,” imbuhnya.

Sebab, jelas Elvi, pihak Kemendikbud dalam menentukan penerima KIP tersebut berdasarkan laporan di Dapodik.

“Saat semuanya sudah online, jadi seluruh data di sekolah itu ada di Dapodik. Sebab itu pihak sekolah harus benar-benar selektif dalam mengisi laporan di Dapodik tersebut,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Elvi, saat Rapat Koordinasi (Rakor) bersama pihak Kemendikbud permasalahan ini akan pihaknya sampaikan. “Kami setiap tahun ada rakor bersama Kemendikbud, nanti keluhan masyarakat ini akan kami sampaikan. Yakin lah tidak akan kami diamkan begitu saja,” ucapnya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita