oleh

Karang Taruna Kembali Diaktifkan

CURUP – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong akan menghidupkan kembali organisasi Karang Taruna yang selama ini dinilai vakum. Sebab, menurutnya kegiatan Karang Taruna saat ini yang ada di desa dan kelurahan serta kecamatan belakangan kurang terlihat.

Kepala Dinsos Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi mengakui, anggaran untuk Karang Taruna nilainya sangat kecil. Oleh sebab itu pihaknya tenah melakukan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk membahas penganggarannya salah satunya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

“Kita berharap nanti dengan pengembangan organisasi di desa/kelurahan melalui pembiayaan yang berasal dari dana desa maupun dana kelurahan bisa meningkatkan untuk Karang Taruna,” katanya.

Susunan kepengurusan Karang Taruna tingkat Kabupaten Rejang Lebong, kata Zulfan, sudah final tinggal pengukuhannya lagi untuk selanjutnya pembentukan pengurus tingkat kecamatan.

“Karang Taruna bukan hanya dibidang olahraga saja, namun memiliki berperan membantu mengatasi kenakalan remaja terutama pengaruh narkoba, pergaulan bebas dan lainnya,” ungkapnya.

Kemudian, sambungnya, Karang Taruna juga bisa melakukan kegiatan yang seperti pembinaan olahraga, kegiatan kepemudaan, pembinaan ekonomi maupun kegiatan kerohanian serta pembangunan di tempat masing-masing.

Ia menambahkan, keberadaan kelompok Karang Taruna sangat dibutuhkan sebagai wadah berkumpulnya generasi muda di tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga tingkat kabupaten untuk menyukseskan pembangunan daerah. (sam)

Rekomendasi Berita